News & Event

Tips Penting Memoles Cat Mobil

Untuk menjaga mobil tetap kelihatan mengkilap dan segar meski telah digunakan selama bertahun-tahun. Dari sejumlah prosedur merawat mobil, langkah yang paling penting adalah mencuci dan memoles cat. Keduanya merupakan langkah yang penting untuk dilakukan.

Dimusim cuaca ekstrem, pemilik kendaraan sebaiknya memberi perawatan yang lebih dan pastikan untuk selalu melakukan pemolesan terhadap cat secara rutin supaya kilap cat mobil tetap terjaga. Hal itu bisa dilakukan di bengkel maupun salon mobil yang banyak tersebar di sentra-sentra otomotif, atau dapat melakukannya sediri.

Dengan melakukannya sendiri, selain lebih puas, kegiatan itu juga dapat membuat Anda segera mengetahui saat cat mobil anda tergores dan segera menanganinya sebelum terjangkit karat. Untuk itu siapkan obat pemoles yang baik. Tersedia dalam berbagai jenis seperti pasta, cairan, atau kombinasi dari dua atau lebih produk yang digunakan secara bersamaan.

Pastikan mobil dalam kondisi bersih sebelum melakukan pemolesan agar kerja keras Anda tidak sia-sia. Apabila belum di cuci dengan shampoo secara menyeluruh. Untuk hal ini, lakukan di tempat yang sangat terlindung dari sinar matahari. Bahkan jika perlu termasuk menghindari sinar matahari secara tidak langsung untuk meminimalisir bercak air yang membekas di permukaan kendaraan.

Setelah kendaraan dikeringkan, Anda bisa memulai dengan membaca petunjuk cara penggunaan obat poles yang tercetak di kemasannya. Hal ini perlu dilakukan sebab tidak semua produk memiliki cara penggunaan yang sama. Poleslah secara perbagian, misalnya kap mesin terlebih dulu, baru kemudian beralih ke bagian atap dan seterusnya.

Jika Anda mengaplikasikan produk tanpa mengingat urutan bagiannya, Anda akan banyak membuang tenaga dan waktu untuk menyelesaikan tugas serta pemborosan produk. Aplikasikan obat poles secukupnya pada kap mobil Anda kemudian sapukan dengan spons halus yang telah dibasahi sedikit air. Menyapukannya dengan gerakan memutar dan arah yang teratur keseluruh permukaan kap mesin.

Apabila Anda memiliki alat pemoles listrik, tuangkan obat pada sarung pemoles berbahan kain katun berbahan handuk yang telah sedikit dibasahi dengan air. Bahan handuk katun adalah material terbaik dibanding kain lain. Setelah itu poleskan pada permukaan cat dengan gerakan memutar dan arah yang teratur.

Hindari jika obat poles terkena material plastik maupun karet untuk mencegah bekas sisa obat poles yang kerap kali sulit dihilangkan pada material selain dari permukaan cat. Oleh sebab itulah pentingnya membaca petunjuk penggunaan pada kemasan obat. Biarkan obat poles sampai mengering. Setelah itu ganti sarung pemoles dengan kain kering dari bahan serupa. Poleslah permukaan cat yang telah diberi obat pemoles yang telah kering tadi dengan gerakan seperti saat melaburkan obat pemoles pada langkah pertama.

Anda tidak perlu untuk menekan alat pemoles, cukup arahkan alat tersebut dengan gerakan memutar. Biarkan bobot alat tadi yang melakukan penekanan. Kecuali pada bidang tegak lurus. Untuk yang menggunakan dengan cara manual alias dengan tangan, gunakan bahan kaus katun kering kemudian bersihkan sisa obat dengan gerakan memutar.

Ulangi kedua langkah proses tersebut pada bidang lain, seperti tutup bagasi, kemudian atap dan seterusnya hingga seluruh permukaan cat mobil mengalami perlakuan yang sama. Langkah terakhir adalah membersihkan sisa-sisa obat poles yang terselip di celah-celah sambungan antar panel. Gunakan bahan kaus katun halus dan kering. Gunakan kepandaian Anda untuk menjangkau sudut yang sulit dijangkau. Bisa dengan batang korek api yang dibungkus kaus katun, menekan kaus dengan kuku Anda, atau cara lain yang lebih efektif. (suk0.35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *