News & Event

Tips Aman dan Nyaman Dalam Perjalanan

Terdapat banyak hal yang tentunya perlu anda perhatikan sebelum dan ketika anda melakukan kegiatan traveling, terutama untuk traveling yang cukup jauh.

Harus dipastikan bahwa ban sedang pada kondisi fit dan layak untuk digunakan. Oleh karena itu terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

1. Tekanan Angin
Tekanan angin pada ban anda perlu disesuaikan dengan muatan. Wajib mengikuti standar yang telah ditentukan, tidak boleh kurang maupun lebih.

Hal tersebut terkait dengan semakin luasnya kontak area telapak ban terhadap permukaan jalan dalam menghasilkan daya cengkeram maksimal. Jika hal tersebut terjadi, maka umur ban menjadi lebih lama dan tentunya lebih aman dalam berkendara.

2. Beban
Mengatur kesesuaian antara kemampuan bobot maksimal ban terhadap bobot barang yang diangkut menjadi sebuah keharusan. Oleh sebabnya, sangat diharapkan agar muatan tidak melebihi kemampuan tertinggi sebuah ban. Apabila dilanggar, maka keamanan saat berkendara menjadi taruhannya.

Di himbau pula, dalam menata barang, keseimbangan pada penempatan barang patut diperhatikan.

3. Kecepatan
Jika muatan full, maka anda harus toleransi terhadap kecepataan kendaraan anda. Semakin berat muatan sebaiknya akselerasi serta pengereman harus diperhatikan. Semakin berat beban mobil, maka daya cengkereman ban semakin berkurang. Praktis, kecepatannya wajib dikurangi untuk tetap aman selama diperjalanan.

4. Style Mengemudi
Mengemudi dengan gaya yang cukup agresif sangat tidak diperkenankan saat melakukan perjalanan. Beban berat yang di emban kendaraan membuat mobil mudah hilang kendali menjadi penyebab utama.

Disamping itu, padatnya jalan dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan lain. Ikuti aturan lalu lintas serta selalu waspada terhadap kondisi sekitar menjadi kunci utama.

(can09)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *