Artikel

Seberapa Penting Membaca Kode Ukuran Ban Bagi Pengendara Mobil ?

Yooo Guys kembali lagi sama om admin kiosban !! Disini Om admin ingin membagikan info-info terupdate tentang dunia otomotif. Kali ini topik yang om admin angkat adalah Seberapa Penting Sih Membaca Kode Ukuran Ban Bagi Pengendara Mobil ?

Kepo ? Yuk Cuss Simak Artikel Berikut !!!

Kita seringkali tidak mau atau jarang sekali memperhatikan beberapa kode yang ada pada ban ketika hendak membeli atau mengganti ban di bengkel.

Ada kala nya kita selaku pengendara mobil lambat laun harus memperhatikan atau belajar mengenal beberapa kode pada ban mobil yang dipakai maupun yang akan dipakai, karena resiko yang ditimbulkan dari kecelakaan pecah ban atau overload beban pada ban sangat fatal. 

Seperti dikutip dari artikel republika.co.id yang terbit pada Rabu 06 Nov 2019, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan, 80 persen kecelakaan angkutan penumpang terjadi akibat Pecah Ban kendaraan. Temuan itu didapat dari kendaraan umum maupun pribadi.

“Di sini cukup mengagetkan, 80 persen kecelakaan diakibatkan ban pecah karena tekanannya kurang dan di jalan tol itu sangat fatal,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam diskusi yang bertajuk “Waspadai Kondisi Ban Saat Berkendara di Jalan Tol Tahun 2019,” di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu.

Karena itu, pentingnya pengetahuan akan kode-kode yang ada pada ban sangat berpengaruh pada kita selaku pengendara untuk menjaga kestabilan kendaraan kita, dan juga untuk menekan atau setidaknya meminimalisir akan bahaya pecah ban atau overload beban pada ban.

Berikut ini om admin lampirkan contoh kode-kode pada ban mobil yang harus diketahui oleh kita selaku pengendara :

Keterangan :

255 : lebar penampang ban

55 : aspect ratio, untuk mencari aspect ratio nya dapat menggunakan rumus aspect ratio = tinggi penampang / lebar penampang  X 100

R : lambang untuk konstruksi radial

18 : Rim diameter

109 : Load Index, load index sendiri itu adalah sebuah angka yang menyatakan maksimum berat yang bisa diangkut oleh kendaraan.

V : Speed Symbol, dan speed symbol sendiri itu adalah sebuah huruf yang mengindikasikan maksimum speed ban pada standard maksimal bebannya.

Nah itulah contoh beberapa kode yang ada pada ban.

Promo Kiosban

Di saat kita mematuhi protokol keselamatan dalam berkendara serta ditambah dengan pengetahuan yang baik akan kendaraan yang kita pakai, hal tersebut akan dapat meminimalisir bahaya ketika kita berkendara.

Sebagai penutup tak lupa om admin ingin menyampaikan jika Kiosban hari ini sekarang lagi banjir promo & untuk kalian yang ingin mengganti ban mobil kalian bisa langsung hubungi CS kami melalui aplikasi chatting yang ada di pojok kanan bawah atau bisa langsung menghubungi WhatsApp kami dengan klik link ini

Sekian dulu dari Om Admin Kiosban, Tunggu artikel-artikel menarik lain nya. Salam Hebat !!!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *