News & Event

Problem Pada Kenalpot Kendaraan

Sebagai pemilik kendaraan khususnya mobil pastinya pernah mengalami masalah dengan mesin, yang sering tidak diperhatikan adalah gejala kerusakan mesin yang biasanya bisa dilihat dari kenalpot jika mesin dinyalakan. Sering juga sebuah kenalpot dimodifikasi supaya meningkatkan performa atau sekedar untuk membuat suara kenalpot menjadi lebih besar atau berisik.

Kenalpot chamber adalah salah satunya, kenalpot yang sengaja dimodifikasi supaya menghasilkan suara yang lebih berisik ini sangat banyak diminati, dengan membersihkan bagian dalam kenalpot dan lalu mengganti saringan dengan buatan sendiri yang tentu saja dilakukan pemotongan yang mengakibatkan pada kenalpot terdapat bekas sambungan.

Ada juga kenalpot header diganti untuk meningkatkan performa mesin, apabila penggantian header mampu meningkatkan performa tanpa harus mengubah blok mesin, maka alternatif inilah yang dijadikan pilihan untuk mendapatkan tenaga ektra tanpa harus merombak mesin. Header sendiri memiliki beberapa bentuk, tergantung dari minat konsumen itu sendiri.

Problem pada kenalpot chamber dan header sebenarnya hampir sama yaitu sering keluarnya asap putih dikenalpot. Kenalpot motor keluar asap putih ini biasanya terjadi karena gangguan pada mesin. Segeralah lakukan perbaikan jika itu terjadi dan pastikanlah tidak terjadi kebocoran pada oli. Biasanya selain terjadi gangguan pada mesin, kebocoran pada oli juga dapat menimbulkan permasalahan keluarnya asap putih pada kenalpot. Sedangkan apabila kenalpot keluar asap putih di pagi hari bisa jadi hanya karena embun yang mengendap di kenalpot dan kemudian terbakar karena panas kenalpot.

Nah, untuk memastikan bahwa asap putih yang muncul adalah air atau oli yang terbakar bisa dilakukan pengetesan dengan menggunakan cermin atau kaca, uap air akan meninggalkan bekas embun di kaca sedangkan oli susah untuk menempel di kaca, secara kasat mata uap air akan lebih cepat berbaur dengan udara dibandingkan dengan uap oli yang cenderung berwarna lebih gelap.

Memodifikasi kenalpot untuk mendapatkan tenaga ekstra sering dilakukan bagi si pemilik kendaraan, namun jangan salah jika terjadi kesalahan saat pemasangan, bukannya tenaga tambahan yang didapat malah kendaraan tidak mau lari. Apabila menginginkan suara yang tidak berisik, silakan ganti header tanpa mengganti kenalpotnya atau ganti pipa kenalpotnya tetapi tetap menggunakan peredam, namun jika memang menginginkan suara yang lebih berisik silakan ganti header dan juga kenalpotnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *