Artikel

Ini Dia Daftar Ban Mobil Paling Mahal di Dunia!

Bulat, Tebal, kasar, dan dibuat dari karet berwarna hitam yang kokoh, adalah beberapa kata yang menggambarkan tentang Ban. Secara umum fungsi utama ban adalah untuk menahan beban, meredam guncangan, meneruskan tenaga dari mesin, dan untuk meneruskan fungsi kemudi mengontrol arah kendaraan.

Ban biasanya dijual dengan harga yang murah, seperti yang dijual di Kiosban.com ini gan hehehhe.. tapi ada juga yang dijual dengan harga yang bervariatif tergantung pada sifat penggunaan, berat, teknologi yang digunakan, bahan yang digunakan, daya tahannya, dan juga kecepatannya. Nah yang unik nih guys, ada sebagian yang menjual ban mobil dengan Harga yang Fantastis! Yah sampai-sampai uangnya bisa kebeli buat beli Istana kayanya guys hehehe, apa aja ya guys? Mari kita lihat beberapa ban mahal di dunia ini, dan om James yakin bakal bikin kalian tercengang akan harganya!

6. Ban untuk Monster Truck

Diproduksi oleh Firestone dan Goodyear, ban ini khusus dibuat untuk ukuran Monster Truck yang biasanya menjadi daya tarik dari ajang reli motorcross di seluruh dunia. Berawal pada akhir tahun 1970-an nih gan, berbagai macam ajang kompetisi tengah populer saat itu seperti motorcross, balap traktor, dan mud bogging. Bob George, merupakan salah satu pemilik perusahaan promosi motorsport bernama Truck-a-rama yang kini dikenal United States Hot Rod Association (USHRA) sebagai penggagas pertama yang menciptakan frase “Monster Truck”.

Monster truk merujuk pada Bigfoot, istilah kini dikenal luas untuk semua truk pikap dengan ban oversize. Lalu kultur modifikasi truk pikap mulai populer, sejumlah pemilik truck memodifikasi truk GIANT mereka seunik mungkin dan sekeren mungkin (seperti om james ini hehehe) agar bisa bersaing dalam ajang otomotif, terus semakin banyak peminat dan menarik perhatiannya nih gan lalu berkembang deh gan ajang ini hanya untuk mendapatkan/mempertahankan gelar yang disebut “biggest truck”. Cara untuk menjuarainya nih gan yaitu Biggest Truck yang paling banyak mendapat sorotan dialah pemenangnya, dan tidak tanggung-tanggung nih untuk hadiah juaranya mencapai jutaan dollar gan!

Prizenya gede tentu saja pengeluarannya juga gede ya gan hehehe, untuk Ban raksasa ini memiliki tinggi berukuran 11 kaki dan memiliki lebar hampir 12 kaki dengan massa sekitar 4,5 ton. Untuk harganya mencapai US $ 2.500 (atau sekitar Rp35 juta) Per ban gan! Tertarik untuk Monster Truck ini gan? Hehehe…

5. Ban Untuk Space Shuttle

Diposisi kelima nih gan yang disebut juga sebagai “ban paling berat didunia” yaitu Ban untuk pesawat ulang-alik. Ban ini mampu mendarat dengan kecepatan hingga 288 mph hingga membawa beban sebanyak tiga kali lipat dari ban Boeing 747, yang setara dengan 40 mobil starting line-up di balapan NASCAR. Ban ini memiliki berat sekitar 230 pon dan setiap ban membutuhkan waktu sekitar enam jam untuk membuatnya. Pesawat ulang-alik sendiri membutuhkan 6 ban, 4nya pada roda pendaratan utama dan 2nya diroda pendaratan hidung untuk mendarat. Ban shuttle dipompa hingga 373 psi dan menggunakan nitrogen, yang paling baik menjaga tekanan di berbagai ketinggian dan suhu ekstrim.

  • Ukuran / Dimensi: 44.5×16.0-21 MLG
  • Diameter Luar: 44,9 inci
  • Lebar Ban: 16 inci
  • Diameter Pelek Roda: 21 inci
  • Approx. Berat: 205 pound
  • Max. Tekanan Inflasi: 340 PSI
  • Max. Beban Operasi: 142.000 pound
  • Max. Kecepatan: 259 mph
  • Beban per pon Ban: 695 pon

Ban ini dihargai dengan harga USD $5500 (atau kurang lebih sekitar 77 Juta) gan!!!

4. Ban Untuk Bugatti Veyron

Kalian tentu tidak asing dengan mobil diatas bukan? Apa jangan-jangan ngak tau nih? Hehehe. Baiklah kalo ngak tau om james kasih tau ya kalau mobil ini adalah salah satu mobil termahal di dunia sekaligus salah satu mobil tercepat yang diproduksi di planet ini! Wow! Jadi, untuk mempertahankan kecepatan yang luar biasa (406 km / jam) ini, harus diseimbangkan dengan satu set ban premium kelas dunia. Michelin, produsen ban asal Prancis ini telah melakukan keajaiban untuk supercar spektakuler ini dalam bentuk Pilot Sport PAX. Tentu Harga ban Bugatti Veyron untuk keseluruhan set sangat fantastis yaitu dikenakan biaya US $ 40.000 (atau sekitar 560Juta atau 1,3 Miliar). Wow! Lebih milih mending beli mobil mewah dapet 6 apa beli ban ini aja nih gan? Hehehe…

3. Ban Untuk Caterpillar 797 Dump Truck

Diposisi berikutnya nih gan diposisi ketiga ada Caterpillar 797. Ban Ini dibuat untuk dump truck dan powertrain haul dan sebagian besar digunakan dalam penambangan dan pembuangan beban berat. Karetnya sangat besar dan tebal gan! Sehingga diperlu untuk melepaskan (dan mengencangkan) 47 mur untuk mengganti ban nya, terdengar mudah, bukan?! Hahaha, Ban tersebut diproduksi oleh Michelin, dan berat ban ini mencapai 5,3 ton gan dan dilabeli dengan harga bervariasi, yang paling murah sih US $42.500 (atau sekitar 595Juta) gan! Heheh, tertarik?

2. Ban Untuk Letourneau L-2350 Front-loader

Bukan cuma menjadi salah satu ban termahal di dunia, tetapi juga mungkin yang terbesar didunia. Ya! Ban ini Berukuran dengan tinggi 14 kaki dan diameternya mencapai 4 meter. Letourneau L-2350 memiliki berat yang fantastis yaitu mencapai 12.000 pon. Dan coba tebak harganya gan? Harga satu ban depan yang besar ini akan menelan biaya sekitar US$ 63.000 atau sekitar 882 Juta rupiah. Wow! Mending buat nikah 5x ya gan hahaha masing-masing istrinya dibuatkan rumah hehehe. Eh tapi jangan gan batesnya cuman 4 istri aja ya hehehe.

  1. Ban Gold Plated Z

Jeng jeng jeng jeng…diposisi puncak nih gan sebagai Ban Paling mahal didunia adalah… Gold Plated Z gan!

Mungkin Selama ini kita beranggapan bahwa semakin besar ban maka akan semakin mahal harganya. Anggapan itu ternyata salah gan! “Ban berlapis emas” ini, “Kok berlapis emas min?” ya! kalian agan ngak salah dengar kok, ban ini Didesain dan dikembangkan oleh perusahaan Z Tyres milik NRI, keempat ban mobil tersebut disematkan dengan emas 24 karat dan berlian cliquey dan dijual di REIFEN Trade Fair di Dubai. Terlebih lagi, ban ultra-elit ini telah mendapat tempat di Guinness Book of World Records sebagai ban mobil termahal hingga saat ini. Ingin tahu label harga untuk itu? Harganya cuman US $150.000 kok gan atau setara yaitu 2 Milliar! Wow! Itu bukan untuk set ban loh gan, tapi untuk satu ban nya aja! Sedangkan untuk set 4 ban agan harus mengeluarkan sekitar US $600.000, Atau setara 8Milliar! Ini membuatnya menjadi pesaing teratas untuk daftar ban termahal di dunia. Gimana? tertarik gan untuk membeli ban seharga 8 Miliar ini untuk mobil kamu? Hahaha….

Ok segitu dulu ya Informasi dari Om James, mudah-mudahan bisa menambah literasi dan membuat agan semangat untuk mengunjungi website om james dan juga membeli ban di om james tentunya (tenang kok gan harganya murah-murah dan gak sampai 8 Milliar Hehehe). Terimakasih sudah menyempatkan membaca gan dan sering-sering mengunjungi om james ya gan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *