Artikel

Fungsi Spooring dan Balancing Serta Kapan Waktunya

Fungsi Spooring dan Balancing – Banyak sekali faktor yang bisa anda lakukan untuk membuat kendaraan anda menjadi lebih nyaman. Salah satunya yaitu  menjaga kondisi kaki – kaki mobil tetap dalam kondisi yang prima.

Untuk menjaga kondisi kaki – kaki mobil anda tetap dalam kondisi yang prima, Om James sarankan anda jangan pernah lupa untuk melakukan service rutin. Service rutin kaki – kaki yang Om James maksud yaitu, service rutin khusus kaki – kaki mobil, diluar service bulanan seperti pergantian oli mesin, gardan ataupun system pengereman.

Service apa sih Om ?

Service kaki – kaki ini meliputi service Spooring dan Balancing roda mobil. Bahkan biasanya service ini juga dijadikan paket dengan rotasi ban mobil dan pengecekan kaki – kaki mobil. Seperti produk yang Om James punya, yaitu SERVICE DASI (RODA dan SUSPENSI):

Service ini meliputi :

  1. Service Spooring 3D
  2. Hi Speed Balancing 4 Roda
  3. Rotasi Ban Mobil 4 Roda
  4. Nitrogen , dan
  5. Cek Baut Kaki – Kaki

Paket service yang satu ini merupakan paket service wajib yang harus anda lakukan untuk membuat komponen kaki – kaki pada mobil anda tetap dalam kondisi yang prima.

Lalu apasih Spooring 3D itu? Daritadi ngomongin spooring terus…

Oiya, Spooring 3D adalah suatu upaya untuk meluruskan. Meluruskan apa? Akan Om James bahas dibawah. Simak selengkapnya.

Pengertian Spooring dan Balancing

Pengertian Spooring dan Balancing

Roda mobil sendiri merupakan salah satu komponen yang tidak fixed dan memerlukan settingan khusus agar ban mobil menapak sempurna pada permukaan aspal jalan. Settingan ini sewaktu – waktu dapat berubah dikarenakan penggunaan sehari – hari.

Perubahan settingan ini biasanya tidak bisa diperkirakan kapan waktunya. Semuanya kembali lagi kepada kondisi jalan yang anda lewati dan juga cara berkendara anda. Jika anda lebih sering melewati jalanan dengan permukaan aspal jalan yang kurang bagus, settingan tadi akan lebih cepat mengalami perubahan.

Karena waktunya tidak bisa ditentukan, maka dari itu kita harus mengetahui gejala – gejala yang timbul akibat mobil jarang melakukan service spooring. Gejala – gejala yang sering terjadi biasanya dapat dirasakan ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Salah satu gejala yang sering muncul ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi adalah stir mobil bergetar dan atau mobil terasa seperti membuang ke salah satu arah.

Jika hal ini terjadi kepada anda, Om James sarankan anda untuk segera melakukan service spooring pada kendaraan.

Nah, fungsi dari Spooring adalah mengembalikan settingan keempat roda kepada settingan awal, agar sesuai dengan angka yang dianjurkan oleh pabrikan pembuat mobil tersebut. Dengan kata lain, spooring dilakukan untuk meluruskan posisi keempat ban mobil, agar kembali lurus sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh sipembuat mobil.

Seperti itu kira – kira pengertian service spooring pada kendaraan. Lalu, kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk melakukan spooring?

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Spooring dan Balancing

waktu yang tepat melakukan spooring

Karena service ini merupakan service yang sangat penting pada kendaraan, biasanya service spooring ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, terlepas dari 6 bulan tersebut, biasanya banyak sekali faktor atau hal – hal yang dapat menuntut anda untuk melakukan service spooring lebih awal.

Salah satu faktor yang dapat menuntut anda untuk melakukan spooring lebih awal yaitu kondisi jalan yang kurang bagus. Kondisi ini akan mempercepat settingan roda mobil berubah.

Selain itu juga jarak tempuh yang biasa dilalui. Jika anda sering sekali melakukan perjalann jauh, anda bisa berpatokan kepada maksimal jarak tempuh untuk melakukan spooring yaitu setiap 10.000km sekali.

Ketika melakukan spooring, biasanya anda disarankan juga untuk melakukan balancing.

Apa itu balancing ban mobil ?

Pengertian Balancing Ban Mobil

Service balancing ban mobil biasanya dilakukan berbarengan dengan spooring atau sering juga dijadikan paket gratis setiap anda membeli ban mobil, seperti jika anda membeli ban mobil dengan Om James hehe…

Jika anda membeli ban mobil di Om James anda berhak mendapatkan gratis bongkar pasang, balancing dan juga nitrogen. Wadaw jadi promosi hehe..

Balancing ban mobil sendiri berfungsi untuk menstabilkan putaran ban mobil. Dengan menambahkan pemberat (besi tempel) pada velg mobil, ban menjadi lebih stabil dan pastinya akan menambah kenyamanan anda ketika berkendara.

Selain kenyamanan, masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan  dengan rajin atau melakukan secara berkala service balancing ini.

Apa saja? Berikut 10 (sepuluh) Manfaat Balancing Ban Mobil:

  1. Meningkatkan kenyamanan dalam berkendara
  2. Memaksimalkan umur ban mobil
  3. Menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan
  4. Menghindari keausan ban mobil yang tidak merata
  5. Memberikan efek yang lebih stabil pada fungsi stir
  6. Feedback kemudi menjadi lebih baik, atau posisi kemudi menjadi lebih mudah kembali setelah berbelok.
  7. Menghilangkan suara “berdecit” pada ban ketika berbelok
  8. Menyelaraskan kelurusan roda kemudi
  9. Meningkatkan stabilitas kendaraan
  10. Menjaga keawetan kaki – kaki mobil.

Segitu dulu artikel Fungsi Spooring dan Balancing dari Om James, jika ada salah mohon koreksi di kolom komentar. Jika ada pertanyaan juga bisa langsung tempel aja di kolom komentar.

Jika ada pertanyaan seputar produk bisa tanyakan langsung dengan customer service kita via call, chat whatsapp atau juga live chat di pojok kanan bawah.

2 thoughts on “Fungsi Spooring dan Balancing Serta Kapan Waktunya

  1. Akmal Birri berkata:

    Mobil pick up apakah di haruskan sporing balancing 6 blan skli om?
    Soalnya kn sering bawa barng berat hrusnya setelanny lbih cepat bergeser, apalg lg ad barang jlanny malah tdak mulus.

    1. Guruh Ediana berkata:

      Hallo gan, untuk mobil pickup, disesuaikan saja dengan gejala yang timbul gan. Jika stir atau kemudi sudah dirasa ngebuang, bergetar dan atau timbul gejala – gejala lain, bisa langsung spooring 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *