Cara Sederhana Deteksi Kerusakan Bearing Roda 1

Pada sektor kaki-kaki mobil sering kali kita jumpai masalah. Hal ini tentunya sudah tidak heran lagi, sebab memang sektor ini merupakan ‘bagian lelah’ kendaraan yang selalu bekerja keras membawa beban kendaraan. Faktor keamanan dan kenyamanan berkendara pun ditentukan dari area ini. Maka, tidak ada salahnya jika kita mendeteksi lebih awal kerusakan yang bisa ditimbulkan dari kaki-kaki mobil Anda. Sebagai salah satunya komponen yang patut diwaspadai adalah bearing roda.

“Kerusakan pada bearing roda dapat diketahui melalui beberapa cara,” Kata Septa Dian Wahyudi, Service Advisor Tunas Daihatsu Mampang Jakarta Selatan. Cara yang pertama adalah ditandai dengan suara gemuruh. Semakin tinggi kecepatan mobil, maka suara pun akan semakin berisik. Biasanya bearing roda depan yang sering bermasalah karena suara masuk kedalam kabin mobil.

Nah untuk cara berikutnya adalah dengan menaikkan mobil, salah satunya bisa dengan dongkrak. “Memutar roda dalam posisi ban bebas bergerak, lalu salah satu komponen logam dipegang. Bisa komponen lower arm atau shockabsorber. Jika terasa bergetar, maka dipastikan komponen bearing roda sudah aus atau rusak,” papar Septa yang murah senyum ini. Maka langkah sebaiknya adalah segeralah bawa mobil Anda kebengkel-bengkel mobil terdekat sebelum terjadi kerusakan pada komponen-komponen lain akibat bearing yang telah rusak.

One Comment

  1. saya punya mobil Suzuki Aerio tahun 2004 kendalanya apabila mobil kecepatan 20-30 km/jam terdengar bunyi gemuruh dari roda belakang tapi klu sudah kecepatan 60-80 km/jam bunyi itu hilang, kira2 penyebabnya apa ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dear customer, mohon maaf atas ketidaknyamanannya karena saat ini website baru KIOSBAN masih dalam proses penyempurnaan. Jika Anda mengalami kesulitan silahkan hubungi customer service kami
toggle