FYI

Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil Ala Kiosban

Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

CARA MEMBACA KODE UKURAN BAN MOBIL – Saat Anda mengamati sebuah ban mobil, pasti Anda pernah menemukan semacam cetakan angka-angka yang menyerupai kode. Bila Anda menebak bahwa angka-angka tersebut adalah kode untuk ukuran ban mobil, selamat! Tebakan Anda tepat! Namun, sudahkah Anda mengetahui tentang cara membaca kode ukuran ban mobil tersebut?

Anda yang sudah mengetahui tentang cara membaca kode ukuran ban mobil tersebut mungkin sudah tau tentang betapa mudahnya hal ini untuk dipahami. Namun untuk Anda yang belum mengerti tentang cara membaca kode ukuran ban mobil, jangan kuatir! Tekniknya tidak serumit yang Anda bayangkan kok!

Untuk lebih jelasnya, bisa langsung disimak di beberapa point yang sudah dirangkumkan oleh Kiosban berikut ini. Selamat menyimak hingga paragraf terakhir ya!


Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil Yang Paling Mudah, Adalah Dengan Memperhatikan Kode Yang Tertera Dengan Seksama

Kode Ukuran Ban Mobil

Bila Anda masih kebingungan dengan cara membaca kode ukuran ban mobil, mari kita ikuti studi kasus yang satu ini.

Di atas, sudah kami tampilkan gambar sebuah ban mobil, yang memiliki kode ukuran ban di bagian sidewallnya.

Yakni 245 / 45 Z R 19 98 W. Bila dijabarkan, berikut penjelasannya:


  • 245
    Bagian Ini menampilkan bagian lebar tapak dari ban tersebut. Dimana, jarak dari dinding samping ban yang satu dengan yang lain, adalah sejauh 245 mm atau 24,5 cm.
  • 45
    Setelah dijeda dengan tanda miring, kode selanjutnya yang ditampilkan adalah rasio aspek tinggi sidewall terhadap lebar. Angka ini dapat membuat siapa saja tau tentang ketinggian yang dimiliki oleh sidewall.Caranya cukup mudah, cukup kalikan saja angka 245 mm tadi dengan 45{2bd61e855f428d401fdae42e7d072f7e385e4e25c0fdb51c385d446ec0f2085f}. Maka akan diperoleh angka 127,5 mm yang merupakan ketinggian ban tersebut.
  • Z
    Selain membahas tentang ukuran, kode yang ada di ban mobil juga memungkinkan Anda untuk mengetahui kecepatan maksimum yang dimiliki oleh ban mobil Anda. Di contoh gambar yang kami tampilkan tadi, huruf Z adalah rating kecepatan tertinggi. Sebagai acuan, S dapat bertahan hingga 112 mph, T sanggup bertahan hingga 118 mph, dan begitu seterusnya.
  • R
    Huruf R disini menunjukan jenis konstruksi ban tersebut adalah Radial. Bila dibongkar, ban ini memiliki lapisan kain  yang senarnya melintang dari sudut kanan ke sekeliling ban, dan memiliki lapisan tambahan di sekitar area tapaknya.
  • 19
    Angka yang satu ini merupakan bagian penunjuk dari besarnya diameter dari yang dimiliki oleh sebuah ban mobil. Dalam studi kasus kali ini, ban mobil tersebut memiliki diameter ban 19 inci.
  • 98
    Angka yang satu ini menunjukan tentang indeks beban yang dimiliki suatu ban. Dari sini Anda dapat mengetahui tentang seberapa besar kapasitas daya dukung ban mobil terhadap besaran beban yang dapat ia bawa untuk melaju di atas aspal.Masalah angka, Anda sebenarnya cukup memperhatikan bahwa angka yang tercantum sesuai dengan standar spesifikasi yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil kesayangan.
  • W
    Selain kode Z tadi, kode W juga menampilkan besaran rating kecepatan yang disanggupi oleh sebuah ban.W sendiri memiliki daya tahan terhadap kecepatan yang cukup baik, yakni mampu mendukung kecepatan kendaraan hingga 168 mph.

Selain Mengetahui Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil, Anda Juga Harus Mengenali Kode-kode berikut ini Ya!

Dalam sebuah ban, selain terdapat kode yang memuat ukuran ban, tercetak pula beberapa kode semisal nomor DOT, Tanda Uniform Tire Quality Grading (UTQG), dan tentu saja, merek dari ban tersebut.

Ban Mobil GT Champiro BXT Pro

Jangan sampai Anda sudah membeli sebuah ban mobil dengan harga yang mahal, tapi tidak mendapatkan hasil yang optimal.

Bila itu terjadi, bisa jadi ada yang salah dengan standar dari ban mobil tersebut. Guna mencegah agar hal ini tidak terjadi, kenali dulu tanda Uniform Tire Quality Grading (UTQG) dan DOT yuk!

1. DOT

Kode DOT Pada Ban Mobil

Umumnya, ban yang diproduksi di Amerika Serikat sudah memiliki kualitas yang baik.

Oleh karenanya tak heran bila ban tersebut sampai diekspor ke berbagai negara, termasuk hingga ke Indonesia.

Namun ada kalanya, ada loh ban asal negri paman sam yang tidak mencantumkan nomor DOT ini.

Ada juga kasus ban yang menampilkan nomor DOT, namun tidak valid dan menunjukan bahwa ban sudah kurang layak untuk digunakan. Agar tidak mudah terkelabuhi, kenali dulu yuk makna tersirat dari nomor DOT R8 LN LMJR 46 10!

  • R8
    Kode ini adalah kode yang mewakili identitas dan tempat pabrikan ban ini di produksi.
  • LN
    Ini adalah kode untuk ukuran ban, yang didefinisikan dalam bentuk ID.
  • LMJR
    Ini adalah kode optional untuk manufaktur.
  • 46
    Nomor ini merupakan minggu dimana ban ini diproduksi. Sehingga dapat diketahui bahwa ban ini diproduksi pada minggu ke 46.
  • 10
    Angka 10 menunjukan akhiran tahun ban ini diproduksi. Bagi pengguna mobil, amat penting untuk memeriksa angka yang satu ini sebelum memasangkannya ke mobil pribadi. Karena angka ini akan amat berpengaruh terhadap umur ban dan lama penggunaan ban.

2. Uniform Tire Quality Grading (UTQG)

Kode Treadwear Traction dan Temperature Pada Ban Mobil

Seperti halnya DOT, tanda ini juga wajib untuk diperhatikan. Dan, berikut adalah hasil pembacaan dari Treadwear 440, Traction A, Temperature A.

  • Treadwear 440
    Ini adalah peringkat tapak yang dimiliki oleh sebuah ban. Meskipun begitu, kode ini hanya bisa digunakan untuk membandingkan kualitas dari ban mobil di pabrikan yang sama.
  • Traction A
    Peringkat traksi ini mengacu pada kesanggupan ban untuk berhenti saat melaju lurus di aspal dan beton basah. Nilai traksi ini bisa AA, A, B, ataupun C, dan AA merupakan penilaian yang paling baik.
  • Temperature A
    Rating suhu ini mengacu pada ketahanan ban terhadap suhu saat melaju pada kecepatan tinggi, dan keandalannya dalam menghilangkan panas ban. Skalanya dari A sampai C, dan A adalah yang paling baik.

Selain Beberapa Hal Tadi, Kode Maximum Inflation Pressure and Load Juga Tak Kalah Penting Untuk Diperhatikan

Kode Maximum Inflation Pressure and Load Pada Ban Mobil

Angka-angka diatas bukanlah sebuah kode yang memerlukan teknik khusus untuk membacanya. Namun, angka tersebut tak kalah penting untuk diamati.

Ban Mobil GT Champiro BXT Pro

Dari sini Anda bisa lebih mudah memilih ban untuk memenuhi kebutuhan, dan dapat lebih mudah dalam menyesuaikan besaran tekanan angin yang diperlukan saat memompa ban mobil dengan menggunakan mesin pompa otomatis.

Dengan menaati anjuran penggunaan ban, performa mobil akan terasa lebih optimal. Selain itu, umur ban juga akan semakin panjang.


Oke, itulah tadi artikel kami tentang cara membaca kode ukuran ban mobil ala Kiosban. Semoga dengan artikel ini Anda bisa lebih terbantu saat memilih ban mobil idaman di dealer mitra Kiosban ya!

Masih merasa kesulitan dalam memahami cara membaca kode ukuran ban mobil? Hubungi tim customer support kami yuk!

Terimakasih telah menyimak artikel  cara membaca kode ukuran ban mobil ala Kiosban, sampai jumpa lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *