Artikel

5 TANDA-TANDA BAN SUDAH MINTA DIGANTI

Siang Guys, Balik lagi sama om admin kiosban, disini om admin ingin membagikan informasi tentang 5 tanda-tanda ban sudah harus diganti.

Penasaran ? Yuk cussss

Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan beroda 4. Sebab, ban adalah satu-satunya komponen dari kendaraan beroda 4 yang langsung bersentuhan dengan aspal.

Namun, tanpa kita sadari bahwa, perawatan ban mobil seringkali terabaikan dibandingkan dengan komponen atau elemen mobil lainnya. Oleh karena itu, sekali kita sadar ternyata ban mobil sudah mengalami berbagai macam penyakit, sudah tidak layak pakai dan harus segera diganti.

Lantas bagaimana sih ciri-ciri ban yang sudah berpenyakit, tidak layak pakai, dan harus banget diganti ?

Berikut adalah ciri-ciri dari ban yang sudah berpenyakit, tidak layak pakai, dan harus segera diganti :

  1. Ketebalan sudah lebih dari batas TWI

TWI atau Tread Wear Indicator merupakan batas keausan yang terpampang pada masing-masing ban.

Batas ini dimaksudkan agar pengendara dapat mengetahui bahwa ban mobilnya sudah habis masanya dan harus segera diganti.

Untuk posisi TWI tersebut ada pada bagian tengah kembang atau grip ban dan bagian tepi ban. 

Biasanya pada bagian tepi ban, TWI akan berbentuk segitiga sedangkan TWI yang terpampang pada tengah kembang atau grip ban akan berbentuk batang kecil yang melintang baik itu horizontal ataupun vertikal.

2. Terdapat benjolan pada ban 

Penyebab benjolan pada ban mobil ada bermacam-macam, bisa terjadi pada proses produksi ataupun adanya anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus.

Benjolan dapat diketahui dengan mengecek tapak ban dengan teliti atau pada saat kendaraan melaju dijalan yang mulus. 

Promo Kiosban

Ban yang benjol akan membuat kendaraan yang kita tumpangi bergetar pada saat kendaraan anda melaju dengan kecepatan tertentu di jalanan yang mulus.

3. Ban sudah sering ditambal

Ban yang sering ditambal akibat entah itu tertusuk benda tajam atau yang lainnya akan menyebabkan kekuatan dari ban itu melemah.

Ban yang bocor dan sering ditambal akan sangat berpotensi kambuh, mau itu ketika berkendara dalam kecepatan tinggi, sedang, ataupun lambat, sehingga dapat menyebabkan keamanan dan kenyamanan anda terganggu.

4. Sudah berumur dan menempuh jarak yang cukup jauh

Semakin tua pemakaian ban semakin lemah pula kekuatan ban tersebut. Terlebih jika anda menempuh jarak yang cukup jauh pada setiap perjalanan nya.

Meskipun kelenturan masih terlihat bagus dan masih nyaman saat digunakan namun, ban yang sudah menempuh jarak yang cukup jauh akan mengalami keausan yang mungkin lebih cepat.

5. Telah mengalami kebotakan / keausan di salah satu bagian ban 

Ketika ban mengalami keausan / kebotakan pada salah satu sisi ban, itu akan membuat daya cengkram ban menjadi lemah ketika kendaraan melakukan pengereman dan ban akan menjadi sangat licin ketika melaju di jalanan yang basah. 

Hal itu dapat memicu terjadi nya kecelakaan. Dan hal itu juga pastinya akan dapat membuat kenyamanan anda dalam berkendara menjadi sangat terganggu.

Jadi, jika ban mobil kalian mengalami tanda-tanda seperti hal nya tanda diatas dan kalian ingin mengganti ban mobil kalian, tetapi bingung untuk mencari bengkel yang cepat, tepat dan terpercaya ?

Jangan Ragu dan jangan bimbang, untuk masalah pergantian ban percayakan semua itu pada ahlinya, dan Kiosban akan selalu ready untuk itu. Terlebih pada bulan-bulan ini sedang ada promo-promo menarik.

Yuk langsung kepoin aja untuk ketersediaan stok dan promo nya yang bisa kalian dapatkan dengan langsung menghubungi CS kami melalui aplikasi chatting yang ada di pojok kanan bawah atau bisa langsung menghubungi WhatsApp kami dengan klik link ini

Sekian dulu Artikel dari om Kiosban, Semoga artikel ini bermanfaat, Salam Hebat ! Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *