MAXXIS MA-P1 MA-P1 185/70 R13 86H

Rp 496.000,-
MAXXIS MA-P1 MA-P1 195/65 R14 89H

Rp 654.400,-
ACCELERA ACC IOTA ACC IOTA 265/60 R18 V XL

Rp 1.635.600,-
FORCEUM Forc HEXA Forc HEXA 205/50 ZR17 W XL

Rp 670.800,-

Yang Perlu Diketahui Tentang Umur Ban Mobil

Sudah dibaca sebanyak 2186 Kali

Posted on

Umur ban mobil adalah faktor penting dalam keamanan ban, selain faktor penggunaan. Umur ban mobil tidak selalu bergantung pada jauhnya jarak yang telah ditempuhnya. Hal-hal seperti iklim, cuaca, paparan sinar matahari (UV), air laut, penyimpanan yang tidak benar dan penggunaan yang jarang tanpa perawatan akan mempengaruhi umur ban mobil. Akan tetapi jika Anda menyetir dengan kecepatan 12000 sampai 15000 mil per tahun, maka umur ban mobil Anda akan berkurang dengan cepat sebelum faktor alam mengambil alih.

Umur ban mobil, menurut beberapa ahli, pada umumnya adalah 6 tahun. Mereka menyatakan bahwa setiap ban baru harus diganti maksimal 10 tahun setelah tanggal pembuatannya. Mungkin dengan penyimpanan yang ideal, sebuah ban akan bisa mencapai umur 10 tahun, tapi sungguh hal itu sangat amat jarang ditemukan. Masalahnya disini adalah umur ban mobil tidak bisa kita tentukan hanya dengan melihatnya saja atau dengan tes tertentu tanpa merusaknya.

Dalam kondisi umum, umur ban mobil adalah sekitar 6 sampai dengan 8 tahun tentu dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Kamu akan mendapatkan ban dikatakan baru dengan umur ban mobil sekitar 6 bulan sampai satu tahun. Itulah perkiraan lama penyimpanan mereka di produsen, toko ban mobil atau dealer mobil,sebelum benar-benar digunakan.

Kode tanggal merupakan 3 atau 4 digit nomor yang dicetak pada satu sisi ban mobil disamping  tekstur ban yang terdekat dengan dengan roda.Cara mebacanya adalah, dua angka pertama merupakan minggu pembuatan dan yang terakhir merupakan tahun pembuatan. Jika kamu menemukan kode tanggal ahanya berupa tiga digit, itu menunjukkan ban diproduksi sebelum tahun 2000. Hitunglah sendiri umur ban mobil yang sedang kamu hadapi.

Saat ini, karet di ban memiliki minyak di dalamnya untuk mempertahankan umur ban mobil. Minyak ini cenderung untuk bermigrasi ke tapak ban dan menguap ke udara dengan cepat. Untuk mencegah minyak ini segera habis dalam penguapan, setiap ban diberi “casing” atau lapisan pelindung. Untuk itu para produsen ban baru-baru ini melakukan penelitian untuk  mengembangkan senyawa karet pembuat ban dengan tujuan memperpanjang umur ban mobil. Mereka menyilangkan belerang dengan polimer yang bila terkena panas akan membantu membuat karet tahan lama dan pada saat yang sama mempertahankan elastisitasnya.

umur ban

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,


DIBACA : 2187 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI