Bridgestone DUELER D674 OWT M/T 30x9.50 R15 6PR

Rp 1.225.700,-
Primo Slicker 300 ml

Rp 83.000,-
Bridgestone DUELER D674 OWT M/T 31X10.5 R15 6PR

Rp 1.358.700,-
Tokico B3271 B3271 Front RH Toyota New Altis 09-ON

Rp 500.000,-

Ubah PCD Velg, Jangan Abaikan Safety

Sudah dibaca sebanyak 1274 Kali

Posted on

Ubah PCD Velg

Ubah PCD Velg, Jangan Abaikan Safety

Ubah PCD Velg || Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bahasa gaul otomotif dengan adanya yang disebut bubut PCD. Nah taukah Anda apa itu bubut PCD?.. Tak lain adalah mengubah jarak antar baut roda pada teromol atau yang lebih dikenal dengan istilah Pitch Circle Diameter (PCD). Hal ini dilakukan karena tidak sesuainya lubang velg yang ingin dipasang.

“Mengubah PCD standar, selama kualitas pengerjaan dan tingkat kepresisiannya terjaga”. Menurut Surya Dharma, Sales & Marketing Manager PT Elang Perdana Tyre Industri, adalah hal yang sah-sah saja. Dan cara ini bukan hal baru di Indonesia dan sudah dilakukan di kalangan pemodifikasi. Tuturnya lagi.

Ubah PCD Velg

Selain membubut, ubah PCD bisa diakali dengan menggunakan adaptor atau membubut teromol beserta knucklenya. Cara yang paling banyak dipakai dengan membubut teromol. “Saya lebih merekomendasi membubut teromol ketimbang memakai adapator,” tegasnya lagi.

Sebab, dengan membubut teromol, perubahan dilakukan pada teromol disc brakenya, sehingga kekuatan masih terjaga. Namun ada hal yang diperhatikan sebelum membubut teromol standar diantaranya adalah sebagiai berikut.

  • Ubah yang logis. Maksudnya, adalah tidak melebihi diameter maksimum pringan teromol. Misal PCD 4×100 bisa diubah ke PCD 5×114,3 atau 5×112 dan tidak bisa 5×120 lantaran diameter teromol tidak mencukupi.
  • Gunakan Center ring. Tujuannya adalah untuk mencegah getaran yang mungkin ditimbulkan velg sebab dengan spek lima baut mempunyai center hole lebih besar dari baut 4. Oleh sebab itu gunakan center ring supaya center hole bisa pas dengan center hole hub roda.
  • Velg kaleng. Hindari pemakaian rim jenis ini karena permukaan pada hub tidak rata. Sehingga beben yang diterima hub roda jadi tidak seragam. Hal ini akan merusak baut hasil ubahan. Sebaiknya tambah spacer.

Jika Anda tidak ingin membubut teromol, ada solusi lain, yakni pakai adaptor. Keunggulannya, mudah dibongkar pasang sehingga PCD bisa disatndarkan kembali. Hanya kelemahannya, ongkos yang lebih mahal dan lebih riskan dibanding membubut teromol.

Ubah PCD Velg Jangan Abaikan Safety

Kekuatan adaptor terletak pada baut standar mobil, kemudian pada adaptor ditanam baut lagi sesuai dengan lubang PCD baru. Akibatnya, kerja baut standar menjadi lebih berat. Sangat disarankan, jika Anda memakai adaptor , mobil tidak dibesut sangat kencang. (suk.08)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share on TumblrSubmit to StumbleUponhttp://www.kiosban.com/wp-content/uploads/2013/06/912x355-promo-of-the-month-150x150.jpgDigg ThisSubmit to reddit

Tags:


7 thoughts on “Ubah PCD Velg, Jangan Abaikan Safety

  1. 796142 929085Largest lover messages were made to share it with your and gives honour of the bride and groom. Very sound systems facing unnecessary throngs of people should take into account each of our valuable concept of all presenting, which is one

  2. selamat siang……
    maaf mau tanya dkt.
    ada persediaan adapator ka?
    sy mau pasang di kijang super sy tahun 1995.
    mau di rubah ke model off road.
    makasih………………..

DIBACA : 1275 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI