Bridgestone Turanza AR-20 T 185/60R14

Rp 730.970,-
HANKOOK Ventus K110 255/45R18 Y

Rp 1.728.000,-
MULTI STRADA ATR SPORT 2 275/40 ZR18 99W

Rp 1.330.000,-
HANKOOK Optimo K424 185/65R15 H

Rp 576.000,-

Tips Perawatan Dan Pencegahan Kebocoran Pada Radiator

Sudah dibaca sebanyak 1630 Kali

Posted on

Radiator merupakan suatu bagian dari sistem komponen pendingin yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin kendaraan supaya tetap normal, apabila komponen yang satu ini tidak berfungsi dengan baik maka dampak yang akan dialami oleh kendaraan anda adalah overheating atau panas berlebih pada mesin yang bisa berakibat  sangat fatal pada yaitu semua komponen dalaman mesin terutama klep atau katup masuk dan buang bahan bakar serta komponen lainnya  akan mengalami pemuaian yang berlebihan dan dapat dipastikan kendaraan anda pasti akan turun mesin.

Dampak dari pemaparan diatas, hal yang paling ditakuti pengemudi dalam berkendaraan terumata jika anda melakukan perjalanan jauh terlebih lagi pada malam hari adalah salah satunya penyakit yang ditimbulkan radiator beserta efek sampingnya yaitu radiator bocor yang disebabkan oleh korosi atau karat pada permukaan sirip pendingin pada radiator, juga kemungkinan oleh benda-benda lain dijalanan seperti batu yang terlempar dari ban keradiator sehingga menyebabkan kebocoran. Dapadapat dipastikan anda mau tidak mau harus berhenti serta menepikan kendaraan. Untuk menjaga dan merawat radiator kendaraan anda, tips berikut ini mungkin bisa membantu anda.

1. Bila kendaraan masih dalam kondisi baru sebelum anda mengisi air radiator, pastikan anda menambah cairan zat kimia kedalam radiator mobil anda (radiator coolant) kemudian tambahkan air hingga radiator anda penuh. Cairan tersebut efektif membantu mencegah terjadinya korosi pada radiator serta saluran jacket pendingin pada mesin sehingga anda tidak perlu khawatir akan korosi yang ditimbulkan oleh air yang digunakan untuk mengisi radiator mobil anda.

2. Bila kendaraan anda telah lama alias bukan baru lagi, maka proses bisa jadi akan bertambah panjang karena berhubung sudah terjadi proses korosi pada saluran jacket pendingin mesin dan radiator anda maka proses yang anda mesti lakukan adalah dengan cara menguras radiator anda. Untuk menguras radiator anda bisa lakukan sendiri dengan menggunakan cairan kimia bernama radiator flush, hal ini dilakukan untuk melepaskan korosi pada saluran jacket pendingin mesin dan radiator mobil anda. caranya :

1. Buang semua air radiator mobil anda dengan jalan membuka penutup keran pada bagian bawah radiator hingga benar2 kosong dan tutup kembali keran tersebut.

2. Lalu masukan setengahnya cairan kimia radiator flush kedalam radiator anda dan tambahkan air hingga penuh kemudian hidupkan mesin kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit berlalu matikan mesin dan buang semua cairan dalam radiator anda dengan jalan membuka keran radiator anda bagian bawah.

3. Jika radiator telah kosong tutup kembali keran dan masukan air bersih tanpa cairan kimia dan hidupkan mesin selama 5 menit setelah itu buang kembali, proses ini dilakukan hingga 10 kali dengan durasi 5 menit.

4. Setelah 10 kali sudah dibilas dengan air bersih maka masukan kembali sisa cairan kimia radiator flush anda tersebut seluruhnya dan lakukan seperti pada proses diatas (a-c).

5. Setelah anda selesai baru masukan cairan kimia radiator coolant dan isi dengan air bersih ke dalam radiator anda

Untuk trik darurat radiator bocor jika sampai terjadi suatu saat nanti, cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan jalan membeli sebungkus sabun colek atau sabun cream di warung dan oleskan pada bagian radiator yang mengalami kebocoran dan tunggu hingga kering, dimana biasanya jika radiator dalam keadaan setengah panas atau hangat paling lama juga membutuhkan beberapa menit saja  kurang dari 5 menit sedangkan untuk jarak tempunya … anda pasti akan terkejut ,asalkan sabun cream yang di oleskan benar2 kering. (suk.041)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , ,


DIBACA : 1631 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI