Bridgestone TBR M840 1200 R24 18PR 156/153K

Rp 8.358.000,-
Bridgestone DUELER D674 OWT M/T 235/75 R15 8PR

Rp 1.004.500,-
Tokico B3271 B3271 Front RH Toyota New Altis 09-ON

Rp 500.000,-
Bridgestone DUELER D674 OWT M/T 245/75 R16 8PR

Rp 1.178.100,-

Tips Merawat Alternator

Sudah dibaca sebanyak 1350 Kali

Posted on

Alternator me salahrupakan satu komponen vital pada mobil karena berfungsi sebagai penyuplai aliran listrik ke aki. dapat dibayangkan jika pasokan tidak lancar, lama kelamaan kendaraan bisa tidak jalan alias mogok lantaran aki soak.

alternator tidak ada perawatan khusus atau servis berkala. Usia pakainya dari kondisi baru dapat mencapai 5 tahunan jika tidak dirawat. Setelah melewati masa tersebut kecenderungan kinerja alternator dapat berkurang dan berakibat pasokan listrik minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

Usia pakai dapat saja lebih cepat diakibatkan beberapa faktor.seperti “Penggunaan barang elektronik yang mempunyai beban listrik yang besar seperti modifikasi lampu, pemasangan audio dan monitor pada mobil anda ,”  kapasitas pengisian alternator yang di berikan pabrik hanya menyisakan antara 5 – 10 A sebagai cadangan. Ketika ada penambahan komponen yang melebihi batas maksimum pada alternator maka alternator harus diganti dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan atau dimodifikasi dengan mengganti gulungan atau memasang penguat. Jika tidak, maka kerja makin berat dan memakan usia lebih cepat pada alternator tersebut.

Pemicu lain alternator soak, ketika melintasi banjir dengan ketinggian air tepat dengan posisi alternator (+/- 50 cm) sehingga dapat merusak ketika dalam kondisi aktif.(ary)

Tanda-tanda alternator mulai soak ialah. lampu pada indikator bergambar aki atau tulisan ‘CHG’ menyala. “Selain itu terdengar suara dari alternator akibat bearing yang sudah mulai aus. Jika tidak segera diganti akan menyebabkan, rotor dan stator akan bersentuhan,dan menimbulkan panas, dan akibatnya bisa gosong,”jika sudah gosong otomatis tidak dapat digunakan lagi alias rusak total. Hanya bagian rumah alternator saja yang masih dapat digunakan kembali.

Nah, untuk mencegah banyaknya komponen yang harus diganti, ketika sudah melewati masa kerjanya atau muncul suara aneh, segera lakukan reproduksia atau mengganti beberapa komponen utama yang harus di ganti.antara lain pengatur voltase dan penyearah arus (rectifire). Sementara gulungan, rotor dan stator masih dapat dipakai. Setelah diganti alternator dapat digunakan paling tidak selama 3 tahun dengan pemakaian normal. “Pastikan bengkel reproduksi memberikan jaminan paling tidak selama setahun,” .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags:


DIBACA : 1351 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI