HANKOOK Ventus Concept H457 205/40R17

Rp 840.300,-
Continental CONTI SPORT CONTACT 5 275/40 R20

Rp 4.560.000,-
HG LED T10 5 Titik Pink

Rp 50.000,-
V78 R16x7.0 ET40 8Hx100/114.3 Black Lips Polish

Rp 4.100.000,-

Tips mengatasi Throttle Body bermasalah

Sudah dibaca sebanyak 1900 Kali

Posted on

Throttle Body (TB) merupakan bagian dari sistem air intake yang mengontrol banyaknya jumlah asupan udara yang masuk ke dalam mesin. Throttle body biasanya terletak diantara air filter box dan intake manifold. Throttle body merupakan salah satu piranti yang memiliki peran penting di kendaraan anda. Jika throttle ini bermasalah tidak mau di gas, jadi walaupun kita gas poll rpm-nya mentok di 1500 sampai 2500.

Biasanya TB tidak bekerja sempurna lantaran terdapat kotoran yang menempel pada katup dan dinding TB, hal ini yang dapat mengganggu performa kendaraan anda. Kotoran tersebut timbul akibat pemakaian dalam jangka waktu lama dan saringan udara yang jarang dibersihkan serta kotornya udara lalu lintas perkotaan. Ketika sedang berakselerasi tarikan mesin menjadi loyo dan kadang-kadang tersendat lantaran gum di dalam throttle body menyumbat sensor bukaan katup atau biasa disebut dengan throttle body position sensor. Akibatnya sensor yang berhubungan dengan komputer mesin akan mengirim data yang kurang stabil dan kurang akurat, maka seluruh proses pembakaran secara keseluruhan akan terpengaruh.

Untuk mengusir kotoran tersebut caranya cukup mudah. Untuk TB yang memiliki airflow sensor, semprotkan cairan pembersih melalui lubang pemanasan klep, cairan ini akan ikut tersedot ke mulut TB bersamaan dengan putaran mesin. Sedangkan yang tidak memiliki airflow sensor, Lepas pipa karet yang menempel di mulut throttle body dengan mengendurkan baut klem yang mengikatnya. Kemudian semprot bagian dalam throttle body ini dengan cairan pembersih, sambil menjaga mesin tetap menyala caranya mainkan pelatuk kabel gas. Kemudian matikan mesin selama 15 menit untuk menunggu cairan pembersih bekerja. Setelah itu hidupkan mesin dan mainkan pedal gas sampai 4.000-5.000 rpm kotoran yang melekat akan terdorong keluar melalui gas buang ditandai dengan asap hitam yang mengepul lewat knalpot. (hen.07)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: ,


DIBACA : 1901 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI