Panasonic Maintenance Free (MF) NS 40 Z 12V 35AH

Rp 690.000,-
GOOD YEAR235/65 HR17EFFICIENTGRIP SUV

Rp 1.609.200,-
Panasonic Konvensional N 70 12V 70AH

Rp 832.000,-
GOOD YEAR265/40 YR18EAGLE F1 ASYMMETRIC 2

Rp 2.312.700,-

Tips Memilih Head Unit Pada Sound Quality

Sudah dibaca sebanyak 1192 Kali

Posted on

Tips memilih head unit

Tips Memilih Head Unit Pada Sound Quality

Tips Memilih Head Unit ||Kesediaan pasar terhadap sebuah perangkat sentral pengolah sistem audio/head unit memang cukup beragam. Dalam sebuah aliran sound quality (SQ), head unit adalah perangkat yang benar-benar wajib diperhatikan terutama dalam urusan fitur agar memudahkan pada proses tuning.

 

Tips Memilih Head Unit

Head Unit Sound Quality

Menurut Johny, installer dari Mega Audio, head unit pada SQ wajib memiliki tiga unsur yang saling berkaitan yakni fitur Time Alignment, fitur Built-In Crossover serta fitur Equalizer.

Time Alignment (TA)

Posisi duduk yang cenderung terdapat disisi kanan menjadikan rambatan suara  antara speaker kiri, kanan maupun subwoofer memiliki jarak yang tidak sama. Oleh sebab itu, disinilah fitur TA atau time delay bertugas dalam memperlambat sinyal audio yang dikeluarkan oleh speaker tertentu agar menjadi lebih simetris serta nyaman dan pas hingga ke telinga pendengar. TA juga difungsikan sebagai pengatur dimensi suara atau sering disebut staging.

Built-In Crossover

Head Unit Sound QualityCrossover adalah nilai tambah pada sebuah head unit terutama pada sistem audio yang memakai active crossover.  Fitur ini berfungsi mengatur pembagian frekuensi atau sering disebut cutting frequency yang sesuai ke speaker. Perumpamaan, tweeter tidak didesain guna mengeluarkan suara frekuensi rendah (bass) sehingga digunakanlah fitur crossover sehingga frekuensi rendah tersebut tidak masuk ke tweeter, begitu juga pada speaker yang lain.

Equalizer (EQ)

Equalizer adalah perangkat yang sangat membatu dalam proses tuning SQ. Semakin banyak jumlah band terhadap head unit, semakin bagus juga kualitas head unit tersebut. Perangkat ini bertugas dalam mengontrol gelombang frequency guna mengatur sound instrument. Biasanya data digital dalam equalizer berbentuk graphic serta parametric.

Tips Memilih Head Unit Sound Quality

Secara mendasar, Johny menekankan ketiga fitur diatas sangat penting keberadaannya pada head unit dalam sebuah car audio system yang mengusung konsep SQ. Pria berkacamata ini juga menambahkan sebagai alternatif memilih head unit bila dilihat dari jumlah channel atau RCA Output. “Pada head unit SQ yang memiliki fitur TA ada pilihan 6 atau 8 channel. Bila 6 channel tersedia output pada high, mid, serta low. Sementara terhadap RCA output 8 channel, lebih komplit serta sangat cocok dalam bermain di 3-way tanpa perlu membuat passive crossover,” tutup Johny.

(can12)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , ,


DIBACA : 1193 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI