Dunlop SP230 SP230 205/60HR16

Rp 1.128.400,-
Shockbreaker belakang Monroe Civic ’75

Rp 896.000,-
Dorfree Air Freshener Car & Home Parfume Sea Wave

Rp 27.500,-
Advanti N930 R19x8.5/9.5 ET25/20 5Hx120 Hyper Dark

Rp 10.000.000,-

Tips mematikan mesin mobil yang benar

Sudah dibaca sebanyak 1760 Kali

Posted on

Kebiasaan pengemudi yang sulit dihilangkan adalah terburu-buru mematikan mesin kendaraan pada saat memarkir kendaraan.  Kebiasaan buruk ini sebenarnya bisa membawa efek yang kurang baik di kedepannya. Untuk  menghindari dampak yang tidak diharapkan dari hal yang awalnya cukup sepele ini, ada baiknya anda menyimak beberapa hal dibawah ini:

Saat mematikan mesin jangan langsung memutar kontak ke posisi off dan menggeber-geber gas. Hal ini sangat berpengaruh pada pelumasan mesin. Saat putaran tinggi mesin memerlukan pelumasan yang lebih baik. Tapi karena langsung dimatikan meskipun masih ada sisa oli pada dinding boring (rumah silinder), pelumasan menjadi berkurang. Jika sering dilakukan mesin akan aus atau jebol.

Mesin yang langsung dimatikan setelah digeber pada kecepatan tinggi adalah cara yang kurang tepat. Karena saat itu dapur pacu baru saja bekerja keras dari menempuh perjalanan. Dalam keadaan mesin bertemperatur tinggi, tentu komponen di dalamnya masih mengembang, jika tiba-tiba dimatikan hal itu akan merusak dinding silinder.

Disamping itu mesin yang dituntut melakukan putaran tinggi secara terus menerus pasti mengalami stress. Kondisi ini membuat keadaan mesin belum stabil.

Kebiasaan mematikan mesin tiba-tiba sehabis melaju pada kecepatan tinggi dapat menyebabkan ring piston cepat aus. Selanjutnya merembet pada penurunan kompresi sehingga tenaga menjadi payah.

Untuk itu saat mematikan mesin diamkan putaran iddling beberapa saat sampai mesin benar-benar dalam keadaan stationer. Setelah itu putar kunci kontak ke posisi off. (hen.20)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags:


DIBACA : 1761 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI