Kayaba Premium Oli Hyundai Accent Rear LH

Rp 522.500,-
Kayaba Excel G Kia Sportage I th 2000 RR

Rp 728.000,-
Continental CONTI CROSS CONTACT AT 245/70 R16

Rp 1.725.200,-
Dunlop SP Sport LM704 195/55VR15

Rp 747.200,-

Tips Ban Mobil | Roda Bunyi Ketika Belok

Sudah dibaca sebanyak 2111 Kali

Posted on

Tips Ban Mobil | Roda Bunyi Ketika Belok

Dikala mengendarai mobil dan ketika menikung atau belok mungkin di antara anda pernah menemui terdapat bunyi tak tak tak tak atau tek tek tek tek pada bagian roda entah bagian depan kanan atau depan kiri apakah posisi belok sedang maju maupun mundur tetap saja ada bunyi tersebut sebagai akibat kerusakan pada as roda depan mobil.

Roda bunyi ketika belok kerap ditemukan untuk kendaraan atau mobil yang menggunakan penggerak roda depan yang di sebabkan oleh drive shaft atau biasa kita sebut as roda serta tepatnya yakni CV Joint (Constant Velocity Joint) yang sudah rusak, bunyi nya pun bervariasi mulai bunyi pelan atau keras atau terdengar saat belok posisi mobil bergerak kedepan saja atau pun posisi mobil belok,baik maju maupun mudur tergantung tingkat kerusakan cv joint.

Tips Ban Mobil | Roda Bunyi Ketika Belok

Beberapa bunyi yang dapat di identifikasi:
    Pada saat belok kanan baik maju atau mundur terdengar bunyi tak tak tak tak di sebelah kiri artinya cv joint sebelah kiri yang rusak,atau
    Pada saat belok kiri baik posisi maju atau mundur akan terdengar bunyi di sebelah kanan artinya cv joint sebelah kanan yang rusak atau boleh di katakan bagian yang terdengar bunyi pada roda baik kanan atau kiri yang mengalami kerusakan.
Penyebab kerusakan cv join
Kerusakan cv joint lebih banyak atau lebih kerap di akibatkan oleh robek nya boot cv joint,sehingga pelumas cv joint keluar ketika roda atau ban mobil berputar,lama-kelamaan cv joint tidak mendapatkan pelumasan atau kering dan membuat cacat bagian-bagian bergerak pada cv joint sehingga menimbulkan bunyi.
Penyebab lain memang disebabkan usia serta waktunya di ganti atau kualitas cv joint sendiri karena tidak jarang baru beberapa hari ganti cv joint sudah bunyi lagi.
constant velocity joint
Sebenarnya kerusakan cv joint yang di sebabkan oleh boot cv joint atau karet boot as robek dapat di deteksi lebih awal dengan melihat kondisi boot tersebut serta biasanya sebelum robek akan terlihat tanda retak-retak di karet boot tersebut seperti gambar di bawah.
boot cv joint retak
Jika boot telah terlihat retak-retak lebih baik di lakukan penggantian boot untuk mencegah kerusakan cv joint cara mudah untuk melihat kondisi boot pun cukup mudah, tidak perlu mobil naik ke atas car lift,tetapi cukup putar kemudi atau steer ke arah kiri penuh atau putar ke kanan penuh akan terlihat bagian boot cv joint untuk melihat kondisi nya.
(can44)
 

Tips Ban Mobil | Roda Bunyi Ketika Belok

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , , , , , , , ,


DIBACA : 2112 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI