Comfort Premium Karpet Custom Black ( Price by request)

Rp 1.000.000,-
Elastic Stamp Dual USB Charger

Rp 180.000,-
AmadaXtreme Front Ford New T6

Rp 1.110.000,-
MULTI STRADA ROWL DESERT HAWK ROWL DESERT HAWK P235/70 R16 109H XL H/T

Rp 854.700,-

Perbandingan Mesin Bensin dan Diesel

Sudah dibaca sebanyak 3055 Kali

Posted on

Mobil yang menggunakan mesin Diesel memiliki keunggulan dibandingkan mesin bensin. Begitu juga mesin bensin memiliki keunggulan dibanding Diesel. Tentunya ketika harus memilih, anda pasti bingung. Mana yang harus anda pilih.?

Mesin bensin dan mesin diesel memiliki karakter tersendiri sehingga perbandingan keduanya cukup mencolok. Tetapi di Indonesia untuk mobil bermesin bensin jauh mengungguli mobil bermesin diesel dengan perbedaan yang sangat mencolok walaupun di luar negeri perbedaannya tidak sedemikian besar.

Berikut merupakan perbandingan kedua teknologi mensin tersebut, point-by-point:

  1. Getaran (Kenyamanan pengendara dan penumpang)
    Dibandingkan mesin diesel, mesin bensin jauh lebih halus. Hal ini karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi tinggi pada proses pembakarannya (lebih tinggi dibandingkan mesin bensin). Tetapi secara konstan teknologi mesin diesel semakin canggih dan sanggup membuat mesin diesel modern jauh lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional. Pabrikan mobil mewah seperti BMW pun sudah mengembangkan line-up bermesin diesel.
    Pemenang : BENSIN
  2. Performa
    Dibandingkan mesin Diesel, Mesin bensin memiliki Horse Power (Daya Kuda) lebih besar . Tetapi mesin Diesel memiliki torsi lebih besar khususnya dalam putaran bawah. Akibatnya pengendara mobil bermesin bensin merasakan kelincahan mobilnya. Sedangkan bagi pengendara mobil Diesel dapat merasakan manfaatnya saat mereka harus membawa beban berat atau menempuh medan yang ekstrim.
    Jika anda pernah bertanya “Mengapa tidak terdapat truk bermesin bensin?” Kini pertanyaan anda sudah terjawab.
    Pemenang : SEIMBANG.
  3. Durability (Ketahanan/keawetan)
    Mesin diesel memang terkenal bandel. Jika anda merawat dengan benar mesin diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin. Ini salah satu faktor yang menjadi penentu mengapa mesin-mesin industri rata-rata menggunakan teknologi diesel.
    Pemenang : DIESEL
  4. Efisiensi
    Mobil bermesin Diesel dapat dikatakan lebih efisien dari mobil bermesin diesel dengan kapasitas yang serupa. Belum lagi jika dihitung perbedaan harga perliter antara bensin (pertamax) dengan solar. Langkah Toyota Indonesia mengeluarkan Kijang Innova versi Diesel (walaupun sedikit lebih mahal) menjadi indikasi strong point teknologi mesin Diesel yang tidak dimiliki mesin Bensin.
    Pemenang : DIESEL
  5. Ramah Lingkungan
    Mesin bensin jelas lebih unggul namun kehadiran bio solar mulai mengecilkan perbedaan ini. Tetapi mesin bensin tetap saja lebih unggul terutama dengan adanya Catalytic Converter.
    Pemenang : BENSIN

Kesimpulan
Mesin diesel dan mesin bensin memiliki karakter berbeda. Bensin lebih disarankan untuk pengendara dalam kota dimana medan sudah tertata rapih dan “nyaman” sedangkan Diesel terlahir untuk bekerja berat dan kurang nyaman. Namun mesin Diesel perlahan tapi pasti mulai memakan porsi keunggulan mesin bensin pada beberapa poin diatas.

Kelahiran line-up mesin Diesel dalam keluarga beberapa merk mobil yang dulunya hanya “perduli” pada mesin bensin menjadi bukti tak terpungkiri bahwa sudah saatnya teknologi mesin Diesel unjuk kemampuan. Bukan omong kosong… tahta “Rajanya Diesel” mulai diperebutkan… Walaupun dulu Toyota pun “tidak terlalu perduli” pada si macan hitam.

(can25)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , , , ,


DIBACA : 3056 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI