Bridgestone Turanza AR-20 T 185/70R14

Rp 633.820,-
Car Set 2in1 (2bantal+2seat bealt)

Rp 45.000,-
HANKOOK Ventus K110 255/35R18 Y

Rp 1.784.900,-
Philips W21W 12V

Rp 40.000,-

Penyebab Tenaga Mesin Menurun Dijalanan

Sudah dibaca sebanyak 958 Kali

Posted on

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada saat melakukan perjalanan dengan mobil, pastinya kita bisa langsung merasakan bila ada beberapa perubahan kinerja mesin. Salah satu yang banyak dikeluhkan atau dirasakan para pengemudi mobil ialah tenaga mobil yang lama-kelamaan semakin berkurang, terutama ketika menempuh perjalanan yang sangat lama. Tentunya jika hal ini terjadi, berarti ada kelainan pada mesin mobil dan pengemudi harus bisa segera mengetahui apa penyebabnya, supaya bisa menanggulangi secepatnya dan tidak terjadi kepanikan ataupun mogok ditengah jalan.

 

Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan tenaga mesin mobil semakin loyo saat sedang melakukan perjalanan. Tapi umumnya disebabkan oleh :

Overheating Mesin : Mesin mulai overheating akibat sistem pendinginan mobil tidak bisa bekerja dengan baik. Overheating mesin ini menyebabkan komponen-komponen dalam mesin yang terbuat dari metal memuai secara ekstrim, terutama pada bagian pistonnya (Silinder). Jika piston memuai secara berlebihan, maka gesekan piston dengan dinding silinder akan semakin besar sehingga gerakannya menjadi lebih berat dan secara otomatis tenaga mesinpun jadi berkurang.

 

Untuk itu pengemudi harus selalu bisa memantau temperatur mesin lewat indikatornya, bila indikator penunjuk temperatur mesin sudah mulai meningkat melebihi batas normalnya, maka segera memberhentikan mobil dan mematikan mesinnya agar temperatur mesin menurun. Buka kap mesin agar pendinginan mesin terbantu oleh udara luar. Jangan memaksakan mobil berjalan dalam keadaan mesin mulai overheating, karena dapat menyebabkan mogok dan kerusakan yang fatal pada mesin, seperti piston pecah.

 

Pengapian Bermasalah : Pengapian jelas menentukan tenaga mesin, karena hal ini behubungan dengan kinerja pembakaran pada mesin, jadi bila sistem pengapian mesin bermasalah tentunya power mesin pula akan menurun. Masalah pada sistem pengapian dapat disebabkan oleh rusaknya koil, kabel busi ataupun businya.

 

Panasnya mesin yang terus menerus bisa mempengaruhi komponen dari sistem pengapian yang kondisinya kurang baik, seperti misalnya lapisan luar kabel busi yang telah mulai mengeras, maka saat terkena panas dari mesin secara terus menerus, maka kemungkinan lapisannya akan retak sehingga pengapian menjadi bocor. Akibat dari ini percikan api ke busi akan mengecil dan tidak fokus sehingga pembakaran tidak sempurna dan pastinya tenaga mesin pula jadi kecil.

 

(rdo08)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags:


DIBACA : 959 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI