Bridgestone TBR R294 225/75R17,5

Rp 3.218.000,-
Continental CONTI SPORT CONTACT 5 225/45 R17

Rp 3.268.000,-
Bridgestone TBR G611 1000 R20 16PR 146/143G

Rp 5.728.000,-
Advanti N707 R20x8.5/10.0 ET35 5Hx112 Matt Gun Metal

Rp 10.000.000,-

Penyebab Knalpot Mobil Sering “Menembak”

Sudah dibaca sebanyak 1032 Kali

Posted on

 

 

 

 

 

 

Anda pernah mendengar bunyi yang tidak nyaman pada knalpot mobil anda?? dan bunyi knalpot anda mengeluarakan bunyi seperti “menembak”, sudah pasti anda kan merasa jengkel bukan, maka tak salahnya bila anda mencari tahu apa penyebab knalpot anda tersebut mengeluarkan bunyi yang “menembak seperti itu. Perlu anda ketahui, bahwa memang knalpot dapat meletup dikarenakan adanya sisa gas buang yang belum terbakar dalam ruang bakar dan terbakar di dalam knalpot. Maka terjadilah kejadian seperti meledaknya bahan bakar sisa tersebut didalam knalpot sehingga terdengar letupan kecil.Biasanya letupan ini terjadi pada saat anda melepaskan pedal gas. Hal tersebutlah yang menjadi [enyebab mengapa knalpot pada mobil anda mengeluarkan bunyi seperti itu.

Setelah anda mengetahui penyebabnya, maka alangkah baiknya bila nada juga mengetahui cara menangani permasalahan tersebut. Maka hal yang perlua dilakukan adalah menghindari terjadi letupan seperti “menembak” tadi dengan anda melakukan tune-up dengan point penting di bengkel terdekat kemudian beritahukan kepada mekanik bahwa anda mendengar letupan di bagian kanlpot anda. perlu anda perhatikan, dalam proses pengerjaannya, maka mekanik yang baik pastinya akan melakukan tune-up disekitaran carburetor dan sistem pengapian.

Tujuan dari pengaturan pada karburator bersifat dan diperlukan agar campuran bahan bakar dan udara sempurna, meskipun tidak seratus persen sempurna namun pastinya akan mengurangi terjadinya pembakaran luar. Hali ini dilakukan, mengingat umur kendaraan dan komponennya.

Pengaturan pada sistem pengapian meliputi penyetelan timing (dengan cara memutar distributor dibantu dengan alat timing-light) mencari timing yang tepat sesuai dengan spek mesin. Tidak lupa juga anda perhatikan kondisi busi dan menyetel celah (gap) agar pas. Serta ada kalanya penyetelan klep juga diperlukan dalam masalah ini. Sebab disinilah pintu masuk bahan bakar bensin.

Ada catatan khusus bagi anda, bila anda ingin membuat knalpot anda mengeluarkan api, seperti yang ada di film-film. Kalau anda belom tahu, namanya flame thrower, untuk melakukan flame thrower tersebut maka ada alat khusus yang dimana alat tersebut dicangkok pada sistem pembuangan kenalpot yang dihubungkan dengan switch, dengan cara memanfaatkan sisa gas buang. Dan juga namun ada beberapa kit yang secara khusus menambahkan bensin agar api yang dihasilkan bisa lebih panjang dan lebih “Gahar”.

Selain ingin menyelesaikan masalah knalpot tersebut,  anda juga dpat melakukan sedikit perubahan sedikit pada knalpot mobil anda. pilihan tergantung pada anda sendiri, bila puas dengan knalpot yang standar, maka tak perlu dilkukan perubahan. Akan tetapi bila anda menyukai sedkit perbahan maka tak slah jika mencobanya. (ryo36).

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , ,


DIBACA : 1033 Kali

Filter Item

Best Deal

INFO PROMOSI