Qalua The Art Freshener Car & Home Parfume Can Organic Jasmine Honey

Rp 40.000,-
HANKOOK Dynapro M/T RT03 28X8,50 R15

Rp 972.000,-
Wonder Scents Car & Home Parfume European New Car

Rp 40.000,-
HANKOOK Kinergy EX H308 165/65R14

Rp 389.300,-

PCD VELG || Pelajari Offset dan PCD untuk Velg

Sudah dibaca sebanyak 2106 Kali

Posted on

PCD VELG || Pelajari Offset dan PCD untuk Velg

PCD Velg – Modifikasi velg dan ban banyak yang melalukan hal itu untuk kendaraan roda empat mereka,agar terlihat lebih keren banyak yang menganti ukuran ban dan velg dari ukuran standar dari pabrik.

Velg dan ban adalah dua bagian yang tidak dapat dipisahkan. Dalam dunia modifikasi, ukuran velg dan ban sangat berpengaruh pada penampilan dari sebuah mobil, namun diluar dari itu, perlu diingat juga besar ukuran dari keduanya sangat mempengaruhi faktor kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, ketika mengganti velg dan ban tidak bisa sembarangan, ada banyak hal yang patut diperhatikan agar tidak ada penyesalan dikemudian hari ketika sudah mencangkoknya ditunggangan kesayangan.

Manfaat dari melakukan perubahan ukuran velg dan ban jadi lebih besar diantaranya adalah respon  handling mobil menjadi lebih baik ketika berubah arah atau bermanuver, karena area kontak ban dengan permukaan jalan menjadi lebih luas sehingga membuat daya cengkeram ban jadi lebih besar, selain itu penampilan mobil pun menjadi lebih catchy.

Tetapi kelemahan setelah up-size velg dan mengganti ban dengan yang berprofil lebih tipis dan lebar akan sedikit mengurangi daya redam mobil terhadap permukaan jalan yang tidak rata dan sedikit lebih bising (noise road) akibat kontak permukaan ban dengan jalan semakin besar.
Agar velg dan ban terpasang dengan baik dan benar tanpa masalah, maka kombinasi dari lebar velg dengan ukuran ban harus sesuai. Dari contoh diatas, hasil dari kombinasi lebar velg dengan ukuran ban diatas adalah berpatokan dengan bentuk ban yang dapat pas melindungi bibir pelek setelah up-size serta agar terhindar dari ban terpentok dengan fender saat setir dibelokkan.

Saran saya sih,cek dulu PCD dan Offset kendaran anda,sebelum membeli velg. Yuk kita ketahui apa itu PCD,apa itu Offset pada velg.

PCD Velg (pitch circle diameter)

Ukuran yang berkaitan dengan diameter pola baut roda. Pengukurannya dengan mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda. Misalnya 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan milimeter. Dari ukuran itu, didapat angka paling standar 100 mm buat mobil-mobil kebanyakan. Maka disebutnya PCD 100. Untuk mobil-mobil MPV dan light-SUV, PCD velg 114,3 mm, sedangkan sedan kecil dan hatchback, seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, atau Chevrolet Aveo, ber-PCD 100. Kalau keluarga Mercedes 112, BMW 120, dan SUV yang besar 139,7.
Offset

Menandakan seberapa besar permukaan tengah velg menjorok ke dalam atau ke luar. Hal itu ditandai dengan bilangan angka plus kode berjuluk ET. Semisal ET25, ET45, dan seterusnya. Semakin kecil angka maka penampang tengah velg makin celong ke dalam dan bibir velg lebar.

Contoh : anda mempunyai mobil Terios,anda ingin menggunakan velg R18. Ukuran ban standar terios 215/65/R16,karena anda ingin menggunakan velg R18,otomatis ukuran ban menjadi lebih lebar 235/50/R18. Untuk velgnya 5 X 114.3 dengan Offset 40-42. Jika anda menggunakan velg % X 114.3 dengan offset 45,velg sedikit terlihat keluar.

 

Lebih bagusnya gunakan velg dengan PCD velg dan Offset yang pas.

Untuk mengubah aplikasi offset, hal itu bisa diakali dengan memakai adaptor. Namun ingat, ini hanya bisa dilakoni buat velg-velg berkonstruksi 2 sampai 3 pieces. Harus diperhatikan keakuratan penghitungannya. Efek buruknya, selain bisa bikin gesrot, mangkuk shockbreaker dan dek dalam rawan tergerus roda. Akhirnya, kaki-kaki pun jadi rentan rusak.

 

Semoga bisa membantu anda :)

PCD VELG || Pelajari Offset dan PCD untuk Velg

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , , , , , ,


DIBACA : 2107 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI