Advanti N719 R17x7.0 ET40 4Hx100 Matt Gun Metal

Rp 5.500.000,-
Bridgestone TBR R156 295/80 R22.5 ECOPIA

Rp 6.318.000,-
Shock absorber Kayaba Excel G mitsubishi Eterna 1991 Depan

Rp 1.540.000,-
Dorfree Air Freshener Car & Home Parfume Fancy Vanilla

Rp 27.500,-

Panduan Sebelum Modifikasi Ukuran velg Dan Ban

Sudah dibaca sebanyak 1892 Kali

Posted on

Bagi Anda pencinta modifikasi mobil, tentu ingin mobil kesayangannya tampil dan terlihat lebih keren. Terutama pada bagian velg dan ban. Nah, kali ini ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih velg dan ban mobil yang tepat untuk mobil Anda.

Dalam dunia modifikasi, ukuran velg dan ban sangatlah berpengaruh penting pada penampilan mobil, namun selain itu, perlu diingat juga besar ukuran dari keduanya sangat mempengaruhi faktor kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, saat mengganti velg dan ban tidak boleh sembarangan, ada banyak hal yang harus diperhatikan supaya tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Pada rekomendasi pabrik mobil, sebuah mobil dapat mengganti ukuran velg tanpa mengurangi performa dari mesin dan kenyamanan dalam berkendaraan adalah maksimal 2 tingkat (+ 2) dari ukuran standar yang di dapat dari pabrik. Namun dalam dunia modifikasi sebuah mobil dapat mengganti ukuran peleknya hingga 4 tingkat (+4) diatas ukuran velg standarnya tanpa perlu melakukan perubahan pada bodi mobil.

Pastinya pergantian ukuran velg dengan yang lebih besar (up-size) ini harus diikuti dengan pergantian ukuran ban yang benar pula sehingga tidak akan terjadi gejala mentok atau gesrot pada bodi dalam mobil maupun pada fender mobil.

Sebagai contohnya, Honda New City memiliki ukuran standar velg 15 inci, maka rekomendasi  dari pabrik untuk kenyamanan yang baik adalah mengganti dengan velg ukuran 17 inci dikombinasikan ukuran tebal ban 40, dan jika ukuran velg tersebut dirasa masih kurang besar maka maksimal pergantian velg adalah hingga ukuran 19 inci dan dikombinasikan ukuran ban yang berprofil tipis, seperti yang berukuran tebal 35. Patokan kombinasi ukuran antara velg dan ban seperti diatas berlaku juga untuk mobil jenis sedan maupun hatchback seperti Yaris ataupun Jazz.

Dampak Dari Merubah Ukuran Ban dan Velg

Mungkin Anda bertanya, apakah ada pengaruhnya atau efek jika telah merubah ukuran velg dan ban?.. Tentu manfaat dari melakukan perubahan ukuran velg dan ban jadi lebih besar diantaranya adalah respon  handling mobil menjadi lebih baik ketika berubah arah atau bermanuver, karena area kontak ban dengan permukaan jalan menjadi lebih luas sehingga membuat daya cengkeram ban jadi lebih besar, selain itu penampilan mobil pun menjadi lebih catchy.

Namun kelemahan setelah up-size velg dan mengganti ban dengan yang berprofil lebih tipis dan lebar akan sedikit mengurangi daya redam mobil terhadap permukaan jalan yang tidak rata dan sedikit lebih bising (noise road) akibat kontak permukaan ban dengan jalan semakin besar.

Hal ini memang tidak berlaku mutlak pada setiap modifikasi mobil yang ada, namuan dapat menjadi acuan dan panduan untuk mengganti ukuran velg yang lebih besar dengan aman. Supaya velg dan ban terpasang dengan baik dan benar tanpa masalah, maka kombinasi dari lebar velg dengan ukuran ban harus sesuai. Dari contoh diatas, hasil dari kombinasi lebar velg dengan ukuran ban diatas adalah berpatokan dengan bentuk ban yang dapat pas melindungi bibir pelek setelah up-size serta agar terhindar dari ban terpentok dengan fender saat setir dibelokkan. (suk.055)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , ,


DIBACA : 1893 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI