GS Astra Hybrid NS 60 S 12V 45AH

Rp 657.400,-
GOOD YEAR225/35 YR19EAGLE F1 ASYMMETRIC 2

Rp 1.976.400,-
Panasonic Maintenance Free (MF) N 50 ZL 12V 60AH

Rp 960.000,-
Bridgestone Duravis R-624 T 195 R14 8PR

Rp 664.640,-

Oli Gardan Terkadang Sering Terlupakan

Sudah dibaca sebanyak 1564 Kali

Posted on

Bagi anda pemilik kendaraan berpenggerak roda belakang saja, atau pun 4WD (depan belakang). Gardan bagi mobil adalah komponen yang vital, sebab berfungsi untuk menggerakkan roda sehingga mobil bisa berjalaln. Mobil denganpenggerak roda belakang tentunya menggunakan gardan, lain halnya dengan gerak roda depan yang tidak memerlukan peranti itu. Apabila gardan bermasalah atau rusak, dapat menyebabkan mobil tidak bisa jalan.

Namun sayangnya, komponen yang satu ini sering dilupakan soal perawatannya. Apabila tidak sedang bermasalah, kebanyakan orang jarang melakukan pengecekan atau perawatan. Padahal tidak sulit untuk perawatan itu. Cukup dengan rutin mengganti oli gardan setiap 10 ribu kilometer.

Umumnya, penggantian oli gardan biasanya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli transmisi, dan menggunakan nilai kekentalan pelumas yang sesuai dengan anjuran oleh pabrikan kendaraan. Pada umumnya masalah pada gardan terjadi bila sudah terdengar bunyi dengung. Hal ini terjadi akibat dari oli gardan yang telah encer, atau bahkan telah berkurang secara signifikan.

Tentunya hal itu terjadi karena pemilik mobil yang jarang memperhatikan atau merawat gardan. Sekedar informasi harga oli gardan yang ada di pasaran adalah berkisar antara Rp 27-43 ribu. Mereknya pun bermacam-macam, seperti Rored yang keluaran Pertamina, Idemitsu, serta Elf. Untuk mobil yang pemakaiannya lebih sering di dalam kota, maka disarankan untuk menggunakan oli yang speknya multigrade, dengan SAE75-90 atau 80W90.

Hal ini disebabkan oleh viskositas oli tersebut lebih encer sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja gardan. Sedangkan untuk mobil yang beban kerjanya berat atau mobil-mobil tahun lawas dapat memilih oli single grade dengan SAE 90 atau SAE 140.

Bagi anda yang mempunyai mobil dengan gardan yang dilengkapi fitur LSD (Limited Slip Differential) disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk tipe gardan LS. Contohnya merek Lucas. Jika anda belum tau, apakah gardan bawaan mobil sudah bertipe LS atau tidak, bisa anda cek sendiri. Caranya dongkrak pada kedua roda belakang, putar salah satu roda, kalau roda satunya ikut berputar berarti gardannya dilengkapi LSD. Oli gardan untuk tipe LSD ini bersifat long life time. Namun tetap harus dicek secara berkala supaya tetap dapat berfungsi dengan baik. (suk.028)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , ,


DIBACA : 1565 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI