Kit Wiper Fluid Bottle 500ml

Rp 17.300,-
Primo Car & Home Automatic Spray Air Freshener Refill 320ml Green Tea

Rp 29.700,-
Primo Rust Stopper 250 ml

Rp 87.000,-
Denso Wiper Blade FC17

Rp 80.000,-

Mobil Sulit Distarter?…Ketahui Penyebabnya

Sudah dibaca sebanyak 2112 Kali

Posted on

Saat anda ingin menyalakan mesin mobil anda, namun tiba-tiba mesin tidak mau distarter . Tentu hal ini sangat menyebalkan bagi anda. Mobil mogok tidak bisa jalan sedangkan anda butuh waktu untuk bekerja. Kejadian seperti ini bisa terjadi kapan saja dan terjadi pada mobil jenis apa saja. Bahkan, kejadian selama ini membuktikan, mobil yang  sebelumnya tidak menunjukkan permasalahan sama sekali tiba-tiba sulit distarter sesaat setelah mobil berhenti.

Biasanya penyabab mobil tidak mau distarter adalah sistem kelistrikan dan mesin yang bermasalah.

Lalu apa saja permsalahan tersebut?…Dan bagaimana cara mencegah atau mengatasinya bila masalah itu terjadi?… Berikut ada beberapa tips yang harus anda simak :

Sistem kelistrikan pada mobil terdiri dari beberapa bagian. Dimulai dari sumber listrik, yaitu alternator atau biasa disebut dinamo ampere, dinamo starter , aki, serta beberapa rangkain pendukung seperti sekring, serta sistem jaringan kabel.

Apabila mobil Anda tiba-tiba mogok tidak mau di starter, maka lakukan beberapa langkah berikut ini :

1. Periksa kondisi alternator

Salah satu diantara fungsi peranti ini adalah mengisi arus listrik kedalam aki. Apabila alternator bermasalah maka sistem kelistrikan pada mobil tidak akan berfungsi secara maksimal, akibatnya mobil tidak bisa distarter atau mogok.

Untuk Pemeriksaan kondisi alternator tidaklah terlalu sulit. Cara pertama, Anda bisa melihat panel indikator instrumen yang bergambar aki. Apa bila gambar tersebut menyala, berarti alternator bermasalah.

Apabila pada mobil Anda belum terdapat indikator seperti itu, Maka Anda bisa melakukan cara tradsional. Ambil obeng atau kunci pas lalu tempelkan alat tersebut ke pulley alternator.

Jika obeng atau kunci pas tersebut tertarik, berarti masih ada gaya magnet dan arus listrik. Artinya alternator masih dalam kondisi baik.

Tetapi, jika Anda mempunyai voltmeter dan membawanya, maka pengecekan akan lebih gampang. Pasalnya, Anda cukup menempelkan jarum plus dan minus ke  ujung masing-masing sisi alternator.

Arus listrik stndar pada alternator adalah 13 – 15 volt. Jika kurang dari angka  terbawah atau 13 berarti alternator sudah bermasalah dan perlu perbaikan atau diganti jika kerusakan sudah parah. Begitu pula sebaliknya. Bila ternyata alternator tidak bermasalah maka, Anda perlu mengecek kondisi aki.

2. Periksa aki

Jika mobil masih menggunakan aki basah, maka cara pengecekan akan jauh lebih praktis. Pertama, perhatikan  cairan atau air aki apakah volumenya masih cukup banyak. Apabila telah berkurang maka aki akan tekor, terlebih bila umur aki sudah lebih dari dua tahun.

Tetapi, jika aki masih relatif baru dan cairan masih normal. Coba lakukan pemeriksaan terhadap kabel pada terminal aki, apakah ada kotoran atau kerak dan pada baut yang mengikat pada kepala aki, pastikan tidak kendor. Juga pastikan tidak ada kabel di terminal yang terputus.

Apabila kabel tersebut dalam kondisi yang masih normal dan tidak bermasalah, coba alihkan perhatian Anda ke sekring.  Peranti letaknya di dekat terminal positif aki. Pastikan sekring tidak putus.

3. Rangkaian kabel dan socket kunci kontak

Apabila sekring lolos dari masalah atau masih normal, maka cobalah untuk memeriksa socket kunci kontak, apakah kendor atau tidak. Pasalnya, bila socket kendor maka sambungan arus listrik antara kunci dengan pemantik  mesin juga tidak bertemuan, akibatnya mesin tidak bisa distarter. Jika socket ternyata tidak bermasalah maka alihkan perhatian Anda ke dinamo starter.

4. Dinamo Starter

Dinamo Starter merupakan peranti yang digerakkan oleh arus lisrik untuk menghasilkan putaran. Pada mesin  saat diaktifkan dengan memutar kunci kontak kea rah ‘ON’ maka arus listrik akan mengalir ke bagian starter dan mengaktifkan solonoid.

Selanjutnya solenoid akan mendorong gigi ke roda gila (fl? wheel) untuk memutar mesin dan mesin pun akan menyala. Tetapi, bila dinamo starter bermasalah, maka mesin akan sulit untuk distarter.

Untuk mendeteksi kondisi dinamo starter ini cukup mudah. Tinggal putar kunci kontak kea rah ‘ON’ Apabila mesin  hanya sama sekali tidak menyuara berarti  peranti ini bermasalah. Namun, bila masih terdengar suara crekk…crekkk.. tetapi mesin tidak aktif, berarti mesin bermasalah.Jika hal itu terjadi, maka alihkan perhatian kebagian mesin. (suk.026)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share on TumblrSubmit to StumbleUponhttp://www.kiosban.com/wp-content/uploads/2013/06/912x355-promo-of-the-month-150x150.jpgDigg ThisSubmit to reddit

Tags: , ,


16 thoughts on “Mobil Sulit Distarter?…Ketahui Penyebabnya

  1. 627743 322627You made some decent points there. I looked on the internet for that issue and located most people will go in addition to with the web website. 712453

  2. Aw, this was a really nice post. In concept I want to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and under no circumstances appear to get one thing done.

  3. I¡¦ll right away take hold of your rss feed as I can not to find your e-mail subscription hyperlink or newsletter service. Do you’ve any? Kindly permit me realize so that I could subscribe. Thanks.

  4. Nice post. I comprehend some thing additional challenging on different blogs everyday. It truly is going to generally be stimulating to read content from other writers and practice somewhat something from their store. I’d prefer to use some with the content on my weblog whether or not you do not mind. Natually I’ll supply you with a link on your internet weblog. Thanks for sharing.

  5. I keep listening to the news bulletin lecture about getting free online grant applications so I have been looking around for the finest site to get one. Could you tell me please, where could i acquire some?

  6. Hi, i think that i saw you visited my blog so i came to “return the favor”.I’m attempting to find things to enhance my site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

DIBACA : 2113 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI