ROADSTONE N 6000 N 6000 215/45R17 XL 91Y

Rp 1.029.800,-
Denso Electric Horn Power Tone

Rp 174.500,-
Bridgestone ECOPIA EP150 165/65R14

Rp 482.300,-
YOKOHAMA OEM PATTERN (JAPAN) OEM PATTERN (JAPAN) 245/40 R18 A050

Rp 7.077.300,-

Memilih Oli Sesuai Mobil Anda

Sudah dibaca sebanyak 1122 Kali

Posted on

Oli adalah pelumas yang dirancang untuk melumasi bagian bergerak pada mesin agar seluruh komponen mesin dapat bergerak dengan lancar tanpa mengalami macet atau jammed. Dapat anda bayangkan logam bergesekan dengan logam tanpa ada pelumas di antaranya, dijamin akan macet dalam waktu singkat. Selain itu oli berfungsi juga untuk membersihkan bagian dalam mesin dari kotoran-kotoran yang terjadi akibat sisa pembakaran.

Sebagai pemilik mobill baru atau relatif baru biasanya tidak perlu repot untuk urusan yang satu ini. Sebab biasanya mobil anda masih dirawat di bengkel resmi dan anda tinggal ikuti saja oli yang direkomendasikan oleh bengkel tersebut. Tapi bagi anda yang sudah tidak merawat mobil kesayangan di bengkel resmi, tentunya sudah tak asing lagi ketika harus mengunjungi toko atau bengkel spesialis ganti oli.

Masalahnya bukan pada apakah anda kenal pada pemilik bengkelnya, atau seakrab apa anda dengan advisor yang ada di bengkel atau toko oli itu. Kadang anda pasti dibuat bingung dalam memilih oli, Itu masalah sesungguhnya. Bayangkan, sekian banyak merk oli dengan beragam harga, mulai dari puluhan ribu per liter hingga yang ratusan ribu per liter tersedia lengkap.

Hingga timbul pemikiran anda bahwa oli yang mahal itu selalu bagus dan cocok untuk mobil anda. Seringkali ini dipicu dengan promosi dari sang penjual yang gigih menawarkan pada anda untuk membeli oli tertentu dengan harga tertentu.

Yang pertama kali perlu anda tengok adalah buku manual mobil anda, lalu cari bab yang berhubungan dengan Perawatan, Servis ataupun Spesifikasi ,kalau bukunya masih ada tentunya, seringkali buku ini hilang atau malah jadi pajangan semata. Pada bab tersebut, anda bisa menemukan spesifikasi dari oli yang cocok untuk digunakan pada mobil anda termasuk berapa liter oli yang dibutuhkan.

Tak hanya oli mesin, spesifikasi oli transmisi dan oli gardan pun turut dijelaskan dalam bagian itu. Apabila buku manual mobil anda sudah tidak ada, anda bisa mencari informasi ini di internet ataupun bertanya pada teman di komunitas pengguna mobil yang sama, biasanya mereka akan dengan senang hati berbagi referensi dan informasi.

Spesifikasi oli umumnya selalu melibatkan dua hal yaitu, SAE* yang menunjukkan tingkat kekentalan dan API SERVICE yang menunjukkan kualitas atau daya tahan oli tersebut dalam melumasi mesin anda. Tingkat kekentalan oli sangat beragam, misalnya SAE 0W-30, 5W-30, 10W-40, 15W-40, 15W-50, 20W-50 dan 80W-90** untuk oli dengan tingkat kekentalan ganda serta SAE 30, 40, 90** dan 140** untuk oli dengan tingkat kekentalan tunggal. (suk.028)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , ,


DIBACA : 1123 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI