Continental CONTI MAX CONTACT MC 5 225/50 R18

Rp 1.596.000,-
Continental CONTI SPORT CONTACT 5 255/50 R20

Rp 4.864.000,-
Continental CONTI SPORT CONTACT 5-SSR 255/45 R17

Rp 3.648.000,-
HANKOOK Kinergy EX H308 165/60R14

Rp 381.800,-

Knalpot Bocor Tenaga Mesin Jadi Kendor

Sudah dibaca sebanyak 1870 Kali

Posted on

Jika Anda merasa mobil kurang bertenaga , maka jangan tergesa-gesa untuk menyalahkan performa mesin mobil anda. Bukanlah hal yang tidak mungkin kesalahan terjadi pada komponen-komponen lainnya. Kebocoran knalpot, misalnya. Untuk mengetahui kebocoran knalpot dapat dilakukan dengan cara mendengarkan suara mesin. Knalpot yang bocor biasanya menghasilkan suara gas buang lebih berisik dan keras seiring putaran pada mesin.

Jika knalpot benar mengalami kebocoran, maka perbaikan dapat dilakukan dengan cara mengelas bagian-bagian yang bocor. Tetapi jika sudah terlalu parah dan keropos di mana-mana, mau tidak mau knalpot tersebut harus diganti dengan yang baru untuk menigkatkan performa mesin mobil anda.

Knalpot yang bocor akan mempengaruhi performa mesin. Hubungan sebab akibat itu terjadi karena secara teknis kebocoran pada knalpot dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan oleh mesin.

Pada normalnya, dari 100% panas yang dihasilkan oleh mesin, 32% hilang akibat pendinginan mesin, 6% hilang akibat gesekan, 3% hilang akibat bermacam pompa di mesin, 34% akan terbuang melalui gas buang. Hanya 25% lah yang dimanfaatkan untuk menjadi tenaga. Jumlah untuk tenaga inilah yang akan semakin kecil jika knalpot bocor. Sebab panas yang dihasilkan oleh mesin yang terbuang ke udara akan bebas melalui knalpot semakin besar. Maka itu sebabnya mesin terasa tidak bertenaga.

Selain itu masalah usia, kebocoran pada knalpot umumnya dipicu oleh korosi (karat). Korosi pada komponen knalpot bisa terjadi disebabkan oleh efek kondensasi (karena adanya perbedaan temperatur antara luar dan didalam pipa knalpot) atau karena kandungan garam yang cukup tinggi di udara sekitar kendaraan.

Dari uraian diatas, ada beberapa tindakan yang perlu di perhatikan supaya kasus di atas tidak terjadi.

1. Jangan terlalu sering menghidupkan mesin pada putaran idling atau kecepatan rendah dalam waktu yang berulang-ulang. Hal ini untuk mencegah mengendapnya air pada bagian dalam pipa knalpot.

2. Selalu menjaga kebersihan bagian kolong kendaraan terutama pada saat musim hujan. Di antaranya adalah pipa atau saluran knalpot.

3. Periksa dan berikan rawatan yang tepat pada knalpot bila sering melewati daerah-daerah yang mengandung kadar garam tinggi (melwati pantai misalnya). Cara ini untuk mencegah korosi pada pipa knalpot. (suk.020)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , ,


DIBACA : 1871 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI