YOKOHAMA ADVAN NEOVA (JAPAN) AD08 205/50 R17 89W

Rp 2.332.300,-
Bilstein BE5-E653 BE5-E653 Front Nissan Frontier Navara (Silver)

Rp 1.760.000,-
YOKOHAMA ADVAN NEOVA (JAPAN) AD08 285/30 R18 93W

Rp 3.940.800,-
KYB Excel-G 334421 334421 Front RH Nissan New Serena / C-24 04-ON

Rp 772.500,-

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Lampu Indikator Accu Menyala Terus

Sudah dibaca sebanyak 5621 Kali

Posted on

Jika lampu indikator accu atau baterai menyala terus, memang mobil masih bisa untuk dioperasikan. Seolah-olah tidak terjadi apa-apa dan mesin masih tetap hidup. Jangan anggap remeh jika lampu indikator accu yang menyala terus saat mesin hidup, sebab merupakan tanda telah terjadi masalah pada sistem pengisian kelistrikan pada mobil anda. Mungkin undercharge, bisa juga overcharge.

Pada dasarnya pasokan dan kebutuhan listrik harus setara. Kuncinya, ada pada alternator (komponen yang berfungsi untuk mengubah energi putar menjadi energi listrik). Energi listrik yang dihasilkan komponen satu ini harus sesuai dengan beban listrik yang dipakai. Untuk itu, hampir semua mobil mempunyai tegangan standar output alternator. Yaitu, antara 13 volt sampai 15,2 volt.

Pasokan listrik dari alternator tidak boleh di bawah maupun di atas angka tersebut. Bila pasokan listrik di bawah angka standar, maka disebut undercharge. Sebaliknya, jika lebih dari 15,2 volt maka disebut overcharge.

Efeknya bisa sama-sama merepotkan. Bila dibiarkan dalam kondisi undercharge terus, maka bukan tidak mungkin mesin mogok dan tidak dapat di-starter. Karena, untuk men-starter butuh pasokan listrik besar.

Dan yang lebih parah, mungkin saja accu atau batre mobil meledak. Terutama apa bila terjadi overcharge. Sebab saat supply dari alternator berlebih, maka reaksi kimia di dalam accu membuat accu panas dan bertekanan sehingga mengakibatkan ledakan.

Oleh sebab itu, perhatikan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan jika lampu indikator accu tiba-tiba menyala:

Pastikan apakah kasus ini terjadi karena overcharge atau undercharge. Yaitu dengan menyentuh accu. Jika panas berlebih dan atau keluar air dari tutup aki, biasanya karena overcharge. Dan jika accu tidak panas, ada kemungkinan undercharge.

Bawalah mobil anda ke bengkel terdekat. Sebab pengerjaannya tidak dapat dilakukan sendiri. Bila memang undercharge, mematikan beban-beban kelistrikan (ac, lampu, tape dsb). Jika terpaksa harus menghidupkan lampu karena berjalan di malam hari, hidupkan lampu hazard saja. (suk.062)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , ,


DIBACA : 5622 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI