Packy Poda The Quality Car Mat (3pcs) Clear

Rp 350.000,-
Denso Wiper Blade FC21

Rp 80.000,-
Primo Rust Buster 1 Liter

Rp 77.000,-
Esuse Foglamp Livina

Rp 800.000,-

Faktor Penyebab Kopling Keras dan Berat

Sudah dibaca sebanyak 2304 Kali

Posted on

Fungsi kopling pada kendaraan adalah sebagainpenerus  putaran mesin ke transmisi dan yang kemudian menggerakkan roda. Agar upaya putaran itu dapat diteruskan dengan baik dan aman maka bagian kopling harus bekerja secara sempurna, kuat menerima beban dan terbebas dari putaran kalau diinjak untuk memindahkan gigi transmisi. Beratnya injakan kopling sangat bergantung pada besarnya kendaraan. Agar dapat memindahkan putaran mesin dengan aman dan tidak selip maka per penekan harus diset agar sesuai.

Kopling tidak mudah rusak kalau yang menggunakannya benar. Pengemudi yang baik, tidak akan meletakkan kakinya diatas pedal kopling selama mobil berjalan, karena akan mempercepat keausan pada release bearing dan pelat kopling. Membongkar bagian ini juga sulit dan membutuhkan biaya besar, maka disarankan kalau mengganti plat kopling harus sekaligus memeriksa, apakah cluth cover, release bearing juga perlu diganti. Beberapa hal berikut ini adalah Penyabab beratnya injakan kopling.

Jumlah beban yang akan dipindahkan terlalu besar sehingga per penekan plat kopling yang ada di cluth cover dibuat lebih keras supaya kopling tidak slip. Kopling seperti ini kita temukan pada mobil truk atau bus besar. Kalau tekanan per kopling dikurangi bisa mengakibatkan kopling slip.

Jarak tekan yang terlalu besar sehingga pengemudi cenderung menekan jauh ke dalam. Ini diakibatkan oleh setelan terlalu stut, free play terlalu kecil. Setelan kopling yang baik ditandai dengan waktu kopling ditekan full sampai rapat ke lantai mobil kemudian gigi transmisi dimasukkan (I) dan kopling diangkat, mobil sudah bergerak sebelum mencapai 50% jarak pedal kopling. Dengan cara ini, disamping tekanan kaki lebih ringan juga plat kopling lebih awet, juga tidak gampang selip.

Cluth cover (blindes) sudah lama sehingga per penekan plat kopling mati. Jika semua bagian di kopling dalam kondisi baik dapat dipastikan injakan tidak terlalu berat. Di bagian kopling juga ada release bearing dan pilot bearing yang kalau sudah rusak bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Bila ditemukan suara kasar saat menginjak kopling segeralah periksa, jangan membiarkan gejala kerusakan karena kemungkinan dapat meneruskan ke fly wheel /roda gila. (suk.042)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , ,


DIBACA : 2305 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI