KUMHO KL-12 STX KL-12 STX 305/35 VR 24

Rp 4.133.100,-
KUMHO KH-15 KH-15 195/55 R 16

Rp 673.200,-
Dunlop DZ101 DZ101 225/45R18

Rp 946.100,-
YOKOHAMA ADVAN SPORT (JAPAN) V103 215/45ZR18 89Y

Rp 2.251.900,-

Empat Langkah Hemat Konsumsi BBM

Sudah dibaca sebanyak 3014 Kali

Posted on

Bahan bakar minyak (BBM) dari tahun-ketahun terus mengalami kenaikan dan tidak menutup kemungkinan BBM akan menjadi langkah Karena banyaknya jumlah kendaraan yang mengkonsumsi BBM sekarang ini. Menyikapi hal ini maka hendaknylah kita menghemat BBM agar tidak menjadi cepat lankah dengan cara sebagai berikut:

1. Jangan menginjak pedal gas secara menghentak.

Menginjakan pedal gas harus stabil dan bertahap. Jika pedal gas diinjak secara tiba-tiba, maka secara otomatis bahan bakar yang akan dihisap ke ruang bakar juga semakin banyak. Sementara itu, pada saat putaran mesin masih rendah. Akibatnya tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terbakar.Hal ini yang disebut dengan pemborosan. Sebab, bahan bakar yang masuk tidak keluar dalam bentuk tenaga, tetapi ikut terbuang lewat knalpot.

2. Pindahkan gigi pada RPM rendah.

Untuk mobil bertransmisi manual, usahakan perpindahan gigi, terutama perpindahan pada gigi-gigi rendah (1 sampai 3) dilakukan di bawah angka rpm 3000.

3. Ukur tingkat HC dan CO.

Boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar pada kendaraan juga ditentukan oleh komponen-komponen mesin. Komponen mesin yang sudah banyak mengalami keausan atau kerusakan bisa menyebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Untuk mengetahui kondisinya, caba periksa emisi gas buang. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan nilai HC (hidrokarbon) dan CO (karbonmonoksida) terlalu tinggi, hal ini pertanda pembakaran di ruang bakar tidak sempurna.

4. Perhatikan beban dan komponen penggerak.

Penyebab lain yang menentukan boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar pada kendaran adalah beban dan penggerak atau pendorong kendaraan. Semakin berat beban yang harus diangkut, konsumsinya juga akan semakin besar. Yang dimaksud penggerak diantaranya adalah, kopling, bearing (roda), kopel (propeler shaft), as roda, dan roda. Jika komponen-komponen ini aus atau rusak, maka akan menyebabkan hilangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk mendorong mobil melaju. Sementara, konsumsi bahan bakarnya tetap besar. Terkait dengan roda, penyematan ban dan velg besar, juga mempengaruhi konsumsi BBM. (suk.035)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , ,


DIBACA : 3015 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI