GT Champiro Echo Champiro Echo 205/60R16 92H

Rp 624.400,-
Esuse Foglamp March

Rp 800.000,-
GT TUBE TUBE 500-12

Rp 68.000,-
Primo Car & Home Air Freshener Refresh 3in1 270ml Lavender

Rp 65.000,-

Cari Tau Penyebab Masalah pada Mesin Kendaraan Anda

Sudah dibaca sebanyak 932 Kali

Posted on

Kecanggihan dan kehandalah mesin mobil dewasa ini hampir tidak memerlukan perawatan khusus. Tentu hal ini terkadang membuat kita lengah terhadap hal-hal kecil. Untuk mencari tau masalah yang lebih kompleks sifatnya, sebaiknya kita tau syarat-syarat dasar bekerjanya sebuah mesin mobil. Ada tiga hal yang mendasar perlu untuk kita periksa merunut masalah pada mesin mobil.

  • Aliran udara
  • Aliran bahan bakar
  • Api (kelistrikan)

Apabila salah satu dari ketiga unsur ini terganggu maka mesin tidak akan dapat dinyalakan.

Aliran udara

Untuk memeriksa komponen yang satu ini tidaklah terlalu sulit. Di kebanyakan mesin mobil saringan udara terletak dalam kompartemen yang terpasang di bagian atas mesin. Buka penutupnya, lepaskan filter udara dan periksa dengan cara menerawangkannya ke sumber cahaya. Jika tidak tembus, maka sudah saatnya filter udara untuk diganti.

Lainnya yang perlu diperiksa adalah saluran atau pipa yang menghubungkan antara saringan udara dengan intake manifold. Saluran ini biasanya terbuat dari bahan campuran karet yang diperkuat. Faktor usia, getaran dan panas mesin dapat menyebabkan kerapuhan, keretakan, hingga sobekan. Kebocoran yang terjadi di saluran ini dapat mengakibatkan udara masuk tanpa melalui kontrol komputer. Akibatnya udara yang masuk menjadi tidak terkontrol sehingga tidak tercapainya campuran ideal antara bahan bakar dan udara.

Aliran bahan bakar

Pada sistim aliran bahan bakar, filter merupakan titik terlemah dari seluruh rangkaian. Filter bahan bakar sering menjadi penyebab terjadinya gangguan mesin yang bahkan tidak kita duga sebelumnya. Dalam beberapa kasus, gangguan mesin berupa hilangnya tenaga mesin atau tersendat-sendat, maka hal pertama yang sebaiknya untuk kita lakukan adalah memeriksa filter bahan bakar.

Hal ini adalah cara yang sederhana dan mudah untuk kita lakukan, tetapi bisa sangat ampuh dalam mengatasi masalah. Jika mobil tidak dapat di starter, periksa accu. Banyak fuel pump yang tidak dapat bekerja ketika voltage turun dibawah 10 volt. Oleh karenanya tegangan accu harus cukup baik. Periksa juga apakah sekering fuel pump putus atau tidak.

Api (kelistrikan)

Banyak hal-hal sederhana yang bisa menimbulkan masalah dalam hal kelistrikan, Banyak masalah mesin dapat diselesaikan dengan cara merunut sistim pengapian.

  • Pertama distributor cap dan rotor, yang bekerja dalam kondisi panas dan voltase yang cukup tinggi. Periksa apakah ada keretakan atau patahan. Ujung rotor dapat terkikis oleh api listrik yang dihasilkan oleh voltase tinggi. Demikian pula bagian tengah elektroda.
  • Kabel busi dapat pula menyebabkan masalah. Selain bekerja dalam suhu yang tinggi, kabel busi juga diberi muatan listrik dengan voltase yang sangat tinggi. Jika umurnya sudah cukup tua, kabel busi bisa retak. Jika di dekat retakan ada aliran listrik negative (ground) maka akan terjadi hubungan pendek (korslet). Selain mengurangi suplai listrik ke busi, hubungan pendek juga menghasilkan bunga api listrik, yang dapat menimbulkan kebakaran.

  •  Memeriksa keretakan yang mungkin terjadi pada kabel busi cukup sederhana. Menggunakan botol penyemprot, (seperti biasa digunakan untuk menyemprotkan pembersih kaca) semprotkan air pada kabel busi, Jika ada retakan pada kabel busi, maka akan terdengar dan terlihat adanya loncatan bunga api listrik ke ground. Pemeriksaan ini akan lebih mudah terlihat jika dilakukan pada malam hari. Pada kebanyakan kabel busi, di dalamnya terdapat inti karbon, yang setelah beberapa lama dapat retak dan menimbulkan celah. Hal ini dapat menimbulkan hambatan dalam menghantar listrik ke busi.
  • Sistim kelistrikan berakhir pada busi yang berfungsi menciptakan bunga api untuk membakar campuran gas dalam silinder. Oleh karenanya perlu dijaga agar kerenggangan celah sesuai dengan anjuran pabrik serta bersih dari kerak. (suk.037)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: ,


DIBACA : 933 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI