Bridgestone TURANZA GR-90T 225/40 WR18

Rp 1.276.800,-
Falken ZIEX ZE-512 ZIEX ZE-512 225/45/17 W

Rp 1.406.000,-
Bridgestone IDS JL 750-16 12PR

Rp 2.725.000,-
KUMHO KL-12 STX KL-12 STX 255/50 ZR 19

Rp 1.944.300,-

Cara Tepat Mendongkrak Mobil

Sudah dibaca sebanyak 2902 Kali

Posted on

Mendongkrak pada umumnya salah satu pekerjaan yang jarang dilakukan pemiliki mobil. Tetapi di saat ban kempis kemudian Anda harus mengganti ban, mendongkrak merupakan salah satu hal terpenting. Anda perlu pemahaman tentang bagaimana mendongkrak mobil dengan benar.

Meski tidak mengharapkan terjadi sesuatu dengan ban mobil Anda ketika perjalanan, tak ada salahnya guna kembali memperhatikan letak dongkrak di mobil serta beberapa faktor penting ketika hendak mendongkrak mobil. Baik dalam penggantian ban yang kempis atau memeriksa kaki-kaki mobil hingga sistem rem.

Langkah-langkah dalam mendongkrak
1. Carilah permukaan yang rata
Sebelum mendongkrak, posisikan kendaraan dalam permukaan yang rata serta keras. Hal ini penting guna membuat dongkrak bisa berdiri dengan baik. Begitu pula ketika ban kempis. Usahakan dalam mencari ruas di bahu jalan lurus. Hindari memarkir mobil di tikungan.

2. Mobil tidak bergerak
Disamping memanfaatkan rem parkir, ganjal kedua sisi ban yang terletak di posisi diagonal dengan dongkrak sehingga mobil tetap stabil ketika terangkat. Misalnya Anda hendak mendongkrak ban belakang kanan, maka yang perlu diganjal ialah kedua sisi (depan-belakang) ban depan kiri.

3. Kosongkan mobil dari penumpang
Sebelum mendongkrak, usahakan untuk mengosongkan mobil. Hal ini agar dongkrak tidak menerima bobot yang berlebihan atau guncangan. Penumpang yang bergerak di dalam kabin akan membuat dongkrak menjadi tidak stabil.

4. Penempatan dongkrak di bodi
Sebenarnya dengan membaca buku manual kendaraan, Anda dapat mengetahui posisi penempatan serta jenis dongkrak yang digunakan. Mayoritas mobil lansiran Jepang serta Korea memiliki titik tumpu dongkrak di sisi dalam antara ban depan dan belakang dengan jenis dongkrak model gunting. Sedangkan mobil Eropa, umumnya menggunakan model tiang.

Sebelum menggunakannya, Anda perlu membuka penutup lubang dongkrak yang berada di sisi bodi mobil. Dongkrak hidraulik hanya diperlukan pada mobil yang memiliki ground clearance tinggi seperti Toyota Kijang atau Isuzu Panther.

(can94)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: ,


DIBACA : 2903 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI