HANKOOK Kinergy EX H308 185/70R13

Rp 439.200,-
Dunlop SP Touring SP T1 175/65TR14

Rp 478.600,-
Shockbreaker Honda Odyssey Absolute ORI RR 2004

Rp 4.880.000,-
Shockbreaker Kayaba Excel G Vios 2005 FR

Rp 605.000,-

Cara Tambal Ban

Sudah dibaca sebanyak 3314 Kali

Posted on

Cara Tambal Ban Mobil

tambal ban - kiosban.comKebocoran pada ban merupakan suatu hal yang biasa terjadi bagi pengendara baik mobil ataupun sepeda motor. Bagi pengendara sepeda motor, ban kemps merupakan suatu hal yang mejengkelkan. Karena harus mendorong sepeda motor sampai bengkel, itu disebabkan sepeda motor masih menggunakan ban dalam. Lain halnya jika sudah menggunakan ban tubeless seperti yang dipakai oleh mobil, karena saat paku menancap pada ban tubeless tidak langsung menghabiskan angin di dalam ban. Angin yang keluar dari ban akan keluar perlahan asalkan Anda tidak mencabut paku yang berada di ban sehingga Anda bisa membawa mobil Anda ke tambal ban.

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara tambal ban jenis tubeless yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri. Sebenarnya menambal ban tubeless itu sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu direpotkan untuk datang ke bengkel dan juga biaya tambal ban yang tidak sedikit. Anda bisa mempraktekkan cara tambal ban berikut dan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit.

Cara Tambal Ban Mobil

Sebelumnya Anda harus mempersiapkan peralatan yang menunjang Anda untuk menambal ban, seperti :

  • Tang atau catut yang gunanya untuk mencambut paku yang menusuk ban.
  • Tusukan dari besi dan juga tambalan sisipan.
  • Penghalus Kebocoran dan lem.
  • Dan yang terakhir adalah pisau yang tajam.

Setelah semua peralatan lengkap baru Anda bersiap untuk menambal ban Anda. Cara tambal ban tubeless adalah sebagai berikut :

  • Cari penyeban kebocoran ban, apakah karena tertusuk paku atau lainnya. Jika tidak ketemu Anda bisa menggunakan teknik yang biasa dilakukan tukang tambal ban yaitu dengan mencelupkan ban pada air.
  • Setelah ketemu segera cabut penyebab kebocoran tersebut menggunakan tang yang sudah disiapkan. Tapi hati-hati dalam pencabutan agar lubang di ban tidak bertambah besar.

 

  • Cara tambal ban selanjutnya adalah dengan memasukkan penghalus lubang, tarik keluar masuk penghalus tersebut sehingga lubang ban akan menjadi halus dan bisa untuk disisipi karet tambalan.
  • Lepaskan penghalus secara perlahan dan gunakan lem untuk merekatkan bagian lubang kebocoran.
  • Setelah itu masukkan karet penambal ke lubang kebocoran menggunakan tusukan yang telah disiapkan tadi. Jangan lupa untuk melumuri karet penambal dengan lem agar dapat menutupi lubang dengan kuat dan sempurna.
  • Cabut tusukan dan biarkan ban beberapa saat sampai karet penambal tersebut menempel sempurna.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan memompa ban Anda dan memotong bagian yang menonjol dari karet penambal yang tersisa menggunakan pisau.
  • Periksa kembali ban Anda apakah masih bocor atau sudah tertambal dengan sempurna.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , ,


DIBACA : 3315 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI