Advanti N930 R19x8.5/9.5 ET35 5Hx112 Hyper Dark

Rp 10.000.000,-
Michelin Primacy 3 ST GRNX 235/50 R18

Rp 1.621.100,-
CW383 R18x8.0 ET42 5Hx114.3 Brush Alumunium Gunmetal

Rp 7.300.000,-
HANKOOK Kinergy EX H308 165/70R13

Rp 338.400,-

Cara Merawat Aki Basah

Sudah dibaca sebanyak 4968 Kali

Posted on

Cara Merawat Aki Basah Yang Benar

aki basah - kiosban.comBanyak orang yang bingung ketika saat menghidupkan mesin kendaraannya tiba-tiba ngadat. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah karena aki yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Aki merupakan sumber energi yang biasanya digunakan untuk alat-alat elektronik, kendaraan dan lain sebagainya. Aki itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu aki basah dan aki kering. Tentunya keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Jika Aki basah dibutuhkan perawatan yang lebih telaten dibandingkan dengan aki kering, tetapi jika kita tahu cara merawat aki basah, maka aki basah akan mempunyai umur yang lebih lama dibandingkan aki kering.

Sebagai salah satu sumber kelistrikan pada kendaraan, tentunya kita tidak ingin aki kendaraan kita gampang mati. Karena itu disini kita akan mengulas salah satunya saja, yaitu bagaimana cara merawat aki basah agar awet dan bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama.

Cara Merawat Aki Basah Yang Benar

Langkah-langkah cara merawat aki basah :

  • Anda jangan malas untuk selalu memeriksa air aki. Pemeriksaan bisa dilakukan secara berkala, dan air aki harus lebih tinggi dari batas Low dan juga berada di bawah batas Upper Level.
  • Tambah air aki jika air aki sudah berkurang dan berada di bawah level Low. Gunakan air aki biasa, jangan menggunakan air aki zuur, karena air aki zuur digunakan saat pertama saja.
  • Penambahan air aki sebaiknya pada pagi hari sebelum mesin dinyalakan.
  • Penggunaan arus listrik Aki juga harus sewajarnya. Anda harus membatasi pemakaian arus sesuai kapasitas dari aki yang digunakan, karena jika over maka aki akan gampang mati.
  • Hati-hati terhadap hubungan pendek antara kutub positif dan negatif, karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada sel aki.
  • Periksa katup krem yang ada di aki, jika Anda mendapati dalam keadaan longgar maka segera kencangkan.
  • Aki yang mendapat goncangan terlalu keras juga dapat mempengaruhi umur aki tersebut, maka pastikan aki terlindungi dengan memperhatikan penjepit aki/braket aki tetap kokoh.
  • Bersihkan aki dari debu dan berikan sedikit gemuk pada kutupnya agar tidak mudah berkarat atau berjamur.
  • Periksa secara keseluruhan fisik aki, apakah ada keretakan pada fisik, plug aki yang tidak tertutup dengan baik dan juga jangan lupa memperhatikan bagian ventplug, mampet atau tidaknya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , ,


DIBACA : 4969 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI