Bosch Konvensional NS 70 12V 65AH

Rp 598.928,-
Greckster India 21x8 R9 16PR

Rp 1.800.000,-
Yuasa Konvensional 12N24-4 12V 26AH

Rp 415.338,-
Air Aki 1 liter / Botol

Rp 5.000,-

Cara Menggunakan Transmisi Otomatis atau Matic

Sudah dibaca sebanyak 3872 Kali

Posted on

Cara Menggunakan Transmisi Mobil Otomatis atau Matic

transmisi mobil otomatis atau matic - kiosban.comMengendarai mobil dengan transmisi otomatis atau matic memang merupakan sebuah jawaban bagi seseorang yang tinggal di kota besar dan padat. Penggunaan mobil matic menjadi andalan karena tidak terlalu memakan banyak tenaga saat Anda mengalami kemacetan. Biasanya jika Anda memakai mobil dengan transmisi manual akan merasa capek saat menghadapi kemacetan. Hal itu terjadi karena Anda harus terus menginjak pedal kopling dan rem.

Tetapi tidak semua orang mengetahui cara menggunakan transmisi automatis atau matic. Karena di Indonesia sendiri masyarakat lebih cenderung untuk memilih mobil transmisi manual sebagai kendaraannya. Hal ini didasari oleh mitos bahwa mobil dengan transmisi matic itu boros bahan bakar dan juga cenderung lebih gampang rusak sehingga perawatannya mahal. Sebenarnya mobil manual ataupun matic sama saja, semua kembali kepada kita bagaimana kita dalam merawat kendaraan kita tersebut.

Jika Anda belum pernah menggunakan mobil matic Anda bisa memperlajari disini bagaimana cara menggunakan transmisi automatis atau matic.  Hal pertama yang harus Anda pelajari adalah mengenai tongkat transmisi mobil matic yang berbeda dengan mobil transmisi manual. Biasanya tanda dari mobil matic adalah menggunakan huruf dan angka seperti P,N,D,3,2,1 atau P,N, D, 2. Low dan masih ada banyak lagi model lainnya.

Keterangan tanda diatas adalah sebagai berikut :

  • P (Parkir)

Tanda ini digunakan saat Anda memarkirkan kendaraan Anda . Pada saat Anda menarik tuas dan meletakkan pada tanda P maka mobil Anda tidak akan bisa dipindahkan. Sebaiknya Anda menggunakan tanda ini saat Anda berhenti dalam waktu yang lama seperti lampu merah atau parkiran. Saat memarkirkan kendaraan, Anda wajib memakai P agar bisa mencabut kunci mobil.

 

  • N (Netral)

Tanda ini sama halnya dengan transmisi manual. Netral digunakan saat posisi mobil berhenti. Bedanya adalah posisi ini digunakan saat mobil berhenti sebentar.

 

  • D (Drive)

Posisi ini adalah posisi saat mobil siap dijalankan. Anda hanya tinggal menginjak pedal gas saja, dan mesin yang akan mengatur secara otomatis pengaturan performa mesin sesuai jalan yang dilalui apakah itu tanjakan atau turunan.

 

  • 3 (gigi 3)

Pada posisi 3 maka putaran mesin akan terkunci pada gigi 3 saja, dan putaran mesin dan kecepatannya juga akan sebatas gigi 3 saja.

 

  • 2 (gigi 2)

Posisi transmisi ini sebatas pemakaian gigi 2 saja. Biasanya ini dipakai saat menyalip mobil lain atau pada jalan yang menanjak. Dengan menggunakan transmisi 2 maka putaran mesin akan tinggi sehingga bisa menimbulkan tarikan dan tenaga yang lebih besar.

 

  • O/D (Over Drive)

Ada juga beberapa mobil yang dilengkapi dengan transmisi O/D. Transmisi ini bekerja dengan sistem memindah gigi secara otomatis bila mobil sudah mencapai kecepatan tertentu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , ,


DIBACA : 3873 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI