MULTI STRADA ATR SPORT ATR SPORT 225/50 R17 W XL

Rp 754.600,-
MULTI STRADA CORSA MT 838 CORSA MT 838 235/75 R15 S

Rp 716.100,-
ACCELERA ACC PHI ACC PHI 235/40 ZR18 Y XL

Rp 843.600,-
Bridgestone POTENZA ADRENALIN RE-002T 235/45 WR19

Rp 1.756.300,-

Cara Mengganti Sendiri Sekring Mobil Yang Putus

Sudah dibaca sebanyak 4082 Kali

Posted on

Sekring mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan pemilk kendaraan mobil, namun meski sudah tidak asing bagi mereka, kebanyakan pemilik kendaraan tidak tau daimana letaknya. Padahal, fungsi komponen yang satu ini sangat vital. Sebagai komponen otomatis pencegah korsleting atau kebakaran pada kendaraan jika terjadi korsleting.

Sekring merupakan benda kecil yang memiliki karakter sangat sensitive jika terjadi korsleting. Fungsinya adalah menjaga listrik agar tidak melebihi kebutuhan. Apa bila suplai kelebihan, maka komponen ini akan terbakar dan membuat aliran listrik menjadi terputus. Letak komponen ini biasanya ada di bawah dasbor dekat pengemudi, dan ada pula yang berada di ruang mesin.

Sekring memiliki nilai arus yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Jika aliran listrik yang melewatinya masih dalam batas normal, maka tugas sekring hanya meneruskan tanpa hambatan sama sekali. Namun, jika ada hubungan pendek (korsleting) atau kelebihan arus, maka secara otomatis komponen ini akan rusak dalam sekejap.

Sekring memiliki bentuk yang beragam. Awalnya dikenal jenis cartridge atau dengan sebutan sekring batu. Namun, sekring berbahan keramik ini tidak lagi dipakai pada mobil modern. Lalu, muncul model glass yang bagian tengahnya menggunakan tabung kaca sehingga mudah terdeteksi jika putus. Model ini sudah dipakai pada mobil 1980-an dan masih banyak yang menggunakannya sampai sekarang.

Seiring dengan perkembangan teknologi kelistrikan, maka muncullah jenis sekring blade yang sulit untuk dibongkar. Bentuknya pipih dan menghemat tempat, dan dimensinya bertambah mungil. Menariknya, kapasitas sekring blade mudah diketahui dari warnanya.

Untuk mengamankan nergi listrik yang besar, ada tiga jenis sekring yang biasa anda gunakan, yaitu, sekring tabung besar, pelat, dan kotak. Dari ketiga itu, yang pelat sedikit lebih rumit dalam penggunaanya sebab kedua kutubnya harus diikat dengan baut. Sementara itu, yang kotak sama dengan blade, tinggal ditancapkan saja.

Nah lalu langkah apa saja yang harus dilakukan jika sekring mobil anda putus?…

1.Gantilah dengan sekring cadangan yang memiliki ampere atau ukuran yang sama.

2. Jika tidak ada cadangan yang sama, maka ambil dari sekring lain yang tidak begitu penting digunakan saat itu. Misalnya, jika putus siang hari, ambil dari lampu, lighter, atau central lock sambil menuju ke toko suku cadang untuk membeli yang baru.

3. Jika tidak ada ampere yang sama, anda bisa gunakan arus yang lebih kecil. Dan sebaliknya, hindari pakaian ampere yang lebih besar sebab berpotensi merusak komponen lain atau menimbulkan kebakaran.

4. Saat mengganti sekring, mesin mobil harus dalam keadaan mati. (suk.037)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: ,


DIBACA : 4083 Kali

Filter Item

Best Deal

INFO PROMOSI