Rhein Sarung Mobil US Dessert Nylon Type AV

Rp 800.000,-
Pirelli P Zero 315/35 R20

Rp 8.800.000,-
Brave FM707/TE37 R14x6.0 ET35 8Hx100/114.3 Matte Black Polish Line (5pcs)

Rp 3.625.000,-
Bridgestone Ecopia EP150 205/70HR15

Rp 668.500,-

Cara Mendeteksi Kerusakan Power Steering

Sudah dibaca sebanyak 3515 Kali

Posted on

Sistem power steering yang terus menerus bekerja pasti akan mengalami kerusakkan bila tidak dirawat. Terutama untuk mobil yang umurnya sudah banyak. Maka perlu diketahui bagian mana dan rasanya bagaimana ketika terjadi kerusakan?

Penyakit yang kerap menimpa perangkat power steering adalah masalah kebocoran yang mengakibatkan minyak berkurang sehingga tekanan juga menurun dan membuat setir berat, bila diputar paksa dan ditahan menimbulkan bunyi yang berdengung

Komponen yang paling kerap mengalami kerusakan adalah sil, biasanya karena peranti ini berumur lama. Tekanan yang terus-menerus membuat sil yang tua bakal robek. Paling sering yang kena yakni sil steering rack, gejalanya setir terasa berat, ada tetesan minyak di bagian bawah mesin.
Paling gampang dengan melihat daerah permukaan rack yang dipenuhi pelumas. Kalau dibiarkan bisa menular ke komponen lain, disebabkan cairannya lama-lama berkurang. Sebelum terlambat ganti yang baru. Jumlahnya 1 set ada 10 buah sil.

Sil yang lain yang juga kerap jebol yakni yang ada pada pompa, gejalanya mirip, yaitu setir berat dan minyak sering habis. Cara mudah mengetahuinya dengan melihat kondisi pompa. Jika disekujur bodinya terdapat minyak, berarti ada kebocoran.

Selanjutnya slang, merupakan peranti penyalur cairan ini jika tertekuk atau sudah getas bisa pecah, akibatnya isi minyak dapat berkurang, bisa juga disebabkan klem-klemannya sudah kendor. Dapat diketahui dengan melihat ujungnyya, apakah dibasahi oleh minyak atau tidak. Khusus buat pengikat, gunakan yang tidak melukai slang agar lebih aman. Bila kebocoran dicuekin saja dapat merusak kipas pompa, karena tidak adanya minyak yang lewat sehingga ujung kipas tergores.

Jika masih tetap tidak diperbaiki, akan meyebabkan dinding kipas baret pula. Kalau sudah seperti ini tidak bisa direkondisikan lagi, harus ganti baru dan ongkosnya mahal, sekitar 1 jutaan. Penyakit akibat kurang cairan lainnya adalah as steering rack baret karena tidak adanya pelumasan yang maksimal, serta dapat menjadikan oli keluar. Cirinya, dengan melihat permukaan as dengan membuka karet pelindungnya yang banyak rembesan pelumas.
(can57)
 

Tags: , ,


DIBACA : 3516 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI