Amadaxtreme Toyota Prado Rear HD-22-512 Standard Sport

Rp 555.000,-
Amadaxtreme Toyota Innova Rear IC-20-512 Standard Comfort

Rp 555.000,-
Amadaxtreme Chevrolet Colorado - Front FE-21-538 Up 2 inches Comfort

Rp 1.110.000,-
Bridgestone B-Series B-390 T 205/65 R16

Rp 1.450.000,-

Cara Membersihkan Throttle Body

Sudah dibaca sebanyak 2480 Kali

Posted on

Bagi Anda yang memiliki mobil yang menggunakan model injeksi (System Injection), proses tune-up nya diarahkan pada throttle body. Throttle Body tersebut bertugas menyedot udara bersih yang telah disaring oleh filter udara. Udara yang disedot oleh throttle body ini berguna dalam proses pembakaran di ruang kompresi mesin.

Penyebab menurunnya kualitas saringan, biasanya akibat dari pemakaian dan kotornya udara lalu lintas perkotaan sehingga mengakibatkan tumpukan gum berwarna hitam yang melekat di katup dan dinding bagian dalamnya yang berbentuk seperti oli yang telah kotor.

Gum yang mengakibatkan kotor tersebut dapat menurunkan performa pada mesin kendaraan, dan ditandai dengan :

  • Turunnya putaran pada mesin ketika stasioner. Apabila putaran ada di bawah 800 atau 950 rpm, kotoran yang menumpuk di throttle body-lah yang menjadi penyebabnya.
  •  Saat sedang berakselerasi tarikan mesin menjadi loyo dan kadang-kadang tersendat dikarenakan gum di dalam throttle body menyumbat sensor bukaan katup atau biasa disebut dengan throttle body position sensor. Hasilnya sensor yang berhubungan dengan komputer mesin akan mengirim data yang kurang stabil dan kurang akurat, maka seluruh proses pembakaran secara keseluruhan akan terpengaruh. Begitu juga dengan penyemprotan bensin lewat injektor dan api yang memercik di ruang kompresi juga ikut terganggu.

Untuk pencegahannya harus diperhatikan model pipa karet saluran udaranya, ada 2 model yang dikenal yaitu model yang ada aliran udaranya (airflow sensor) dan yang tidak ada aliran udaranya. Caranya :

Throttle body yang tidak memiliki airflow sensor :

  • Lepaskan pipa karet yang menempel di mulut throttle body dengan mengendurkan baut klem yang mengikatnya. Lalu semprot bagian dalam throttle body ini dengan cairan pembersih, sambil menjaga mesin tetap menyala caranya mainkan pelatuk kabel gas. Yakinkan cairan pembersih tersedot masuk sampai ke dalam.
  • Lalau matikan mesin dan tunggu cairan pembersih menyerap ke gum yang mengotori. Sambil menunggu pasang kembali pipa karet yang tadi dilepas.
  • Kira-kira 15 menit kemudian hidupkan mesin dan mainkan pedal gas sampai 4.000-5.000 rpm. Kotoran yang melekat akan terdorong keluar melalui gas buang ditandai dengan asap hitam yang mengepul lewat knalpot.

Throttle body yang memiliki airflow sensor

  • Semprotkan cairan pembersih melalui lubang pemanasan klep. Cairan ini akan ikut tersedot ke mulut throttle body bersamaan dengan putaran mesin.
  • Jika telah selesai proses pembersihan, buka busi dan bersihkan elektrode yang menghitam terkena gum yang terbakar tadi. Dan bila  perlu gantilah dengan yang baru. (suk.057)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags:


DIBACA : 2481 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI