Tokico B3272 B3272 Front LH Toyota New Altis 09-ON

Rp 500.000,-
Bridgestone DUELER D674 OWT M/T 235/75 R15 8PR

Rp 1.004.500,-
Bridgestone DUELER D674 OWT M/T 225/75 R16 8PR

Rp 1.004.500,-
Bridgestone DUELER D674 OWT M/T 235/85 R16 8PR

Rp 1.127.000,-

Cara Melihat Oli Mesin Mobil

Sudah dibaca sebanyak 1460 Kali

Posted on

Mungkin Anda ingin melihat kondisi oli pada mesin mobil Anda, nah berikut ini ada caranya yang perlu untuk Anda simak dan langsung dapat Anda praktekan sendiri.

  • Posisikan mobil Anda di tempat yang memiliki permukaan datar kemudian matikan mesin.
  • Tunggu sesaat sampai mesin dingin atau hingga semua oli mesin menetes pada bak penampungnya.
  • Tarik dipstick oli mesin. Apabila Anda tidak mengetahui dimana dipstick berada, segera baca owners manual book mobil Anda  atau cari tulisan “engine oil”.
  • Seka dipstick dengan menggunakan kain bersih atau tisu kasar kemudian taruh dipstick di posisi semula.
  • Cabut dipstick sekali lagi dan periksa kondisi oli. Dalam keadaan normal, seharusnya oli akan berada pada tanda full. Misalnya, Anda melihat oli berada pada tanda sedikit di bawah garis normal. Meski hal tersebut tidak menjadi masalah, namun tidak ada salahnya jika Anda menambah jumlah oli tersebut.
  • Periksa kondisi oli. Apabila telah berwarna terlalu hitam, maka inilah saat yang tepat untuk menggantinya. Jika sedikit berwarna kecoklatan, masih bisa ditolerir. Begitu juga dengan warna coklat sedikit gelap namun masih transparan. Tapi jika oli pada dipstick sudah berwarna sedikit memutih (coklat susu), maka bisa jadi mobil Anda mengalami kerusakan pada mesin yang mengakibatkan oli mesin tercampur dengan cairan lain. Segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

Sebagai saran : Sangat baik jika Anda menambahkan oli dengan menggunakan tipe dan jenis yang sama seperti yang sudah pernah Anda pakai  sebelumnya. Tambahkan sedikit oli seperti tampak pada gambar diatas. Tunggu sebentar sampai oli turun. Periksa level oli sekali lagi dengan menggunakan dipstick. Apabila masih rendah, segera tambahkan lagi dan jangan sampai kepenuhan atau melewati batas maksimal. Jangan lupa untuk kembali menancapkan dipstick ke posisi awal lagi.(suk.023)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: ,


DIBACA : 1461 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI