GT CMPBXT CMPBXT 165/65R14

Rp 385.000,-
HANKOOK Ventus K110 225/60R18 W

Rp 1.049.800,-
Philips H11 12V 55W Longer Life

Rp 130.000,-
Non Slip Dash Mat

Rp 20.000,-

Cara Aman Menyetir Mobil Pada Saat Malam Hari

Sudah dibaca sebanyak 1504 Kali

Posted on

Aktifitas itu tidak hanya dilakukan pada siang hari saja bahkan ada orang yang melakukan aktifitasnya di malam hari, baik rutin atau karena ada event tertentu yang mungkin mengharuskan kita menyetir mobil sendiri di malam hari. Pada malam hari, kemampuan mata menangkap jarak, warna, dan sudut pandang jauh pasti gak sama dengan siang hari, apalagi saat kita dalam keadaan lelah, semua itu bisa mempengaruhi konsentrasi.

Berikut ini ada beberapa tips biar aman saat mengendarai mobil di malam hari:

-Hindari Rokok dan Alkohol.
Usahakan jangan ngrokok di mobil, karena nikotin dan karbon monoksida dari asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan menyetir dalam keadaan sadar, sehat wal afiat, gak terkontaminasi oleh obat2an, drugs, alkohol dan sejenisnya.

-Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan.
Jika ragu ada “sesuatu” di depan saat mobil kita melaju sendirian, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh gak cuman membantu kita melihat lebih jelas tapi juga membuat pengendara lain tau kalo ada kendaraan kita walo dari kejauhan.


-Perlambat dan Jaga Jarak.

Saat malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak mobil lain.. makanya lebih baik kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan mobil di depan atau di belakang kita. Buat persiapan kalo terjadi pengereman mendadak.

-Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh.
Jangan memasang lampu jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa bikin silau pengemudi di depan. Dan juga jangan pasang lampu jauh saat kita di belakang kendaraan lain, karena kendaraan di depan kita bisa silau dari pantulan lampu di kaca spion.


-Jika Silau karena Sorotan Lampu dari Kendaraan Lain,

Sering kita disilaukan oleh sorotan lampu kendaraan di depan kita, sebaiknya jangan pandang ke depan, tapi ke sisi kiri jalan untuk panduan arah agar kita tidak dibutakan oleh lampu. Tentu saja harus tetap dalam keadaan konsentrasi penuh.

-Persiapkan diri.
Ini penting. Kita harus siap dalam keadaan apapun jika terjadi sesuatu. Jangan panik, dan jangan sampe lupa bawa HP. Kebiasaanku, kemanapun aku pergi selalu bawa “tas doraemon”, yang berisi selain sesuatu yang penting2 (dompet, hape, notes, dsb) juga ada softbox “perangkat perang” yang berisi tang, obeng, nail cutter, gunting, semprotan mata (uda aku aplos isinya dengan campuran bubuk merica & garam), dan tak ketinggalan..pisau lipat, semua dalam ukuran mini, dan slalu ada di dalam tas

Info di atas merupakan beberapa cara dalam mengendarai mobil pada saat malam hari. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.(alx.15)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

DIBACA : 1505 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI