ACCELERA ACC PHI ACC PHI 225/35 ZR19 Y XL

Rp 922.800,-
MULTI STRADA ATR SPORT ATR SPORT 195/60 R15 V

Rp 487.900,-
GT CMPHPX CMPHPX 215/40R17

Rp 870.800,-
Continental CONTI CROSS CONTACT UHP 295/45 R20

Rp 4.940.000,-

Artikel Ban Mobil | Faktor – Faktor Penyebab Kerusakan Ban

Sudah dibaca sebanyak 656 Kali

Posted on

Artikel Ban Mobil | Faktor – Faktor Penyebab Kerusakan Ban

Memiliki barang yang tahan lama sudah barang tentu merupakan salah satu hal yang di inginkan oleh pemiliknya, namun terkadang kita sering melupakan dan melalaikan beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan terhadap barang kesayangan kita. Nah menjadi bagian mobil yang cukup penting dan cukup merogoh kocek jika terjadi kerusakan, perhatian terhadap ban tentunya sangatlah penting. Berikut ini merupakan faktor penyebab terjadinya kerusakan pada ban :

1. Tekanan angin

Ban wajib berada pada tekanan angin sesuai spesifikasi serta rekomendasi produsen. Informasi tekanan ban terletak pada bagian bawah kanan serta pada buku manual. Tidak diizinkankan untuk melebihi atau kurang dari rekomendasi yang tertera.
 
Kalau tekanan terlalu tinggi atau keras, daya cengkeram ban pun tidak maksimal yang juga mengorbankan kenyamanan berkendara. Tekanan sangat rendah pun dapat menjadi masalah, dinding ban bekerja lebih keras serta dapat mengakibatkan defleksi berlebih.

Artikel Ban Mobil | Faktor – Faktor Penyebab Kerusakan Ban

Kurangnya tekanan dapat pula menyebabkan ban meletus. Benang pada dinding ban pun dapat putus setelah beberapa waktu. Mengakibatkan ban benjol serta kekuatan pun terpangkas. Semakin rendah tekanan ban dari rekomendasi, semakin pendek pula usianya.

Solusi: Minimal periksa kondisi fisik serta tekanan ban seminggu sekali. Pastikan ukuran tekanan sesuai rekomendasi pabrik.

2. Batu, pecahan kaca atau benda keras

Pada permukaan ban terdapat sela kembangan, batu, pecahan kaca atau benda keras mungkin bisa terselip pada bagian dalamnya. Itu cukup berbahaya. Pada saat mobil melaju, ban seperti dipalu dan ditekan secara berulang.
Sebut saja lingkar ban 1 meter kemudian mobil melaju sejauh 1 kilometer, itu berarti bahwa ban mendapat "pukulan" sebanyak 1.000 kali.

Solusi: Segera bebaskan sela kembangan ban terhadap objek keras.

3. Paku

Di ban tubeless, paku yang menancap dapat mengurangi tekanan angin secara perlahan. Paku harus segera dibuang, disamping dapat membuat ban rusak; dapat juga menyebabkan karat pada pelat baja.

Solusi: Segera cabut paku dan ban segera ditambal.

4. Toe In/Out

Posisi roda tidak selaras secara horizontal, ke dalam (in) maupun keluar (out). Ini akan menyebabkan ban tergerus lebih cepat. Kalau hal ini dibiarkan berlarut-larut, dapat menyebabkan tapak ban gundul bagian dalam (toe in) atau gundul pada bagian luar (toe out). Dilakukan juga proses balancing sehingga roda berputar mulus.

Solusi: Spooring dan Balancing

5. Sudut camber negatif/positif

Tie-rod, as rod atau bearing yang bermasalah akan mengakibatkan tidak selarasnya roda secara vertikal (camber). Bisa camber negatif maupun positif. Dapat berakibat seperti toe in/out, menyebabkan tapak ban gundul bagian dalam (negatif) atau gundul di bagian luar (positif).

Solusi: Spooring dan Balancing

6. Pemasangan ban yang kurang sempurna

Pemasangan ban yang tidak sempurna dapat mengakibatkan ban rusak. Terutama pada bagian dalam ban.

Solusi: Pastikan bahwa ban telah terpasang dengan benar.

(can50)

Artikel Ban Mobil | Faktor – Faktor Penyebab Kerusakan Ban

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , , , , , , , , , ,


DIBACA : 657 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI