Amadaxtreme Toyota Innova Rear IC-20-512 Standard Comfort

Rp 555.000,-
Amadaxtreme Chevrolet Colorado - Rear HD-22-506 Standard Sport

Rp 555.000,-
Amadaxtreme Chevrolet Colorado - Front FE-20-538 Standard Comfort

Rp 1.110.000,-
Amadaxtreme Mitsubishi Pajero Sport - Front GE-17-520 Standard Comfort

Rp 1.110.000,-

Artikel Aksesoris Mobil | Tips Memilih As Roda Belakang

Sudah dibaca sebanyak 854 Kali

Posted on

Artikel Aksesoris Mobil | Tips Memilih As Roda Belakang

As roda belakang adalah salah satu bagian dari kendaraan yang acapkali dianggap rawan patah. Maka tak jarang jika kita temui banyak kendaraan terutama tunggangan kompetisi dibekali  dengan as roda belakang cadangan. As roda bagian belakang jadi bagian yang lumayan sering patah. Hal ini karena pada kondisi apapun distribusi berat kendaraan akan terdorong ke belakang saat kendaraan melaju. Khususnya di waktu kendaraan dibebani oleh muatan.

 

Bukan berarti as roda depan tidak lantas jadi bagian yang safe (tak mudah patah .red). Namun persentase kemungkinan as roda belakang patah lebih banyak pada kendaraan rear drive dengan gerak gardan depan sebagai tambahan. Tergolong  pada kendaraan full time atau all time drive sekalipun. Biasanya pembagian gerak roda belakang cenderung mendapat porsi lebih besar ketimbang roda depan.

Belanja as roda khususnya bagian belakang pun menjadi pemandangan yang lazim ditemui. Banyak cara untuk mendapatkan peranti ini. Diawali dengan membeli dalam part orisinal  kondisi baru maupun produk aftermarket. Atau dapat pula mendapatkan pada kondisi bekas. “Kondisi barang bekas kerap jadi pilihan yang cukup tepat. Barang yang dibeli pun dibandrol lebih murah dibandingkan dengan barang baru,” tutur Migrawan Cahyo seorang pemilik Taft Kebo lansiran tahun 1981.

Artikel Aksesoris Mobil | Tips Memilih As Roda Belakang

“Kadang barang bekas terpaksa jadi satu-satunya option yang wajib diambil karena biasanya piranti barunya sudah sangat sulit diperoleh alias langka,” sambung Edi Purnama dari Megacitra sembari menunjukkan as roda Toyota Land Cruiser FJ40 lansiran tahun 60-an.
  Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih as roda? Perhatikan uraian di bawah ini.

Memilih As Roda:
1.    Kita perlu paham betul dimensi as roda yang akan diganti. Sebaiknya bawa contoh as roda yang patah. Perhatikan jumlah spline yang dipunya, karena belum tentu tipe kendaraan sama memiliki jumlah spline yang sama pula.

Misalnya Land Cruiser FJ40 tua dan tahun muda. As roda FJ40 tahun tua memiliki jumlah spline yang lebih sedikit tetapi lebih kasar  dibandingkan dengan versi tahun mudanya.

2.    Perhatikan cara penyimpanan as roda. Pastikan as roda disimpan pada kondisi berdiri oleh penjualnya, atau setidaknya disimpan tidak dihampar di atas permukaan tanah.

Penyimpanan as roda yang salah dapat membuat bengkok. As roda yang disimpan tidak dalam kondisi berdiri terlebih yang terhampar di atas permukaan tanah sangat peka dengan perubahan temperatur.

3.    Perhatikan dengan seksama bagian splinenya. Jangan pilih as roda dengan kondisi spline terpelintir.

Kondisi ini di samping menandakan tingkat keausan juga sebagai tanda bahwa susunan material logam pada as roda tersebut berubah maupun tinggal menunggu waktu saja untuk patah.

4.    Pastikan bahwa dudukan bearing pada kondisi mulus dan tidak ada cacat pada bagian tersebut.

Bagian ini dapat menjadi penyebab ketidaksempurnaan pemasangan bearing maupun penguncinya dan memberi kontribusi terhadap kebocoran sil as roda (oblak .red) karena tidak lagi presisi dengan chasing gardan .

Aftermarket
Meski kemungkinannya kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat menemukan as roda aftermarket seperti Superior Axle, Summer Brother atau merek lainnya.

Meski diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dari as roda OEM kendaraan, namun tetap perlu ketelitian. Lakukan langkah-langkah seperti memilih as roda orisinal.

Kendala Sama
As roda yang dipergunakan terhadap merek kendaraan apapun, memiliki benang merah permasalahan yang sama. Sehingga persoalan yang ditemui pun relatif sama. “Jarang sekali atau mungkin malah tidak pernah terdapat as roda bengkok karena digunakan. Biasanya patah karena terpuntir,” ungkap Endang Gunawan dari Sindang Jaya yang bermarkas di Bekasi.

 “Biasanya as roda bengkok justru ketika berada di luar chasing gardan, penyebabnya karena cara penyimpanan yang salah,” imbuh F. Nadjib. AS dari D2 Depok.
(can72)

Artikel Aksesoris Mobil | Tips Memilih As Roda Belakang
 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,


DIBACA : 855 Kali

Filter Item

Promo Keren

KIOSBAN

SURVEY MEMBUKTIKAN
KAMI YANG PALING MURAH
HOT
DEALS

DAFTAR DI KIOSBAN.COM SEKARANG , DAN DAPATKAN INFORMASI DAN HAL MENARIK LAINNYA
Artikel
Promo
Bursa
Anda bisa mendapatkan Artikel Tips & Trik, Info Promo terbaru, Subscribe sekarang secara GRATIS.

INFO PROMOSI